Alfie Lambe (Envoy Legio Maria)

Hamba Allah, Alfonsus Lambe, (dikenal dengan Alfie) lahir di Tullamore, Irlandia pada pesta St Yohanes Pembaptis, Jumat, 24 Juni 1932, saat Kongres Ekaristi internasional di Dublin.

Seperti St Yohanes ia adalah seorang pelopor – pelopor Legio Maria, sebuah organisasi yang digambarkan Paus Paulus VI sebagai “gerakan terbesar yang telah ditetapkan untuk keselamatan jiwa sejak era kejayaan panggilan religius”.

Setelah menghabiskan masa mudanya di novisiat di Christian Brothers Irlandia, di mana ia harus keluar karena kesehatannya lemah, ia menemukan panggilannya dalam Legio Maria, dan ditunjuk sebagai Envoy pada tahun 1953. Dengan Seamus Grace, ia berangkat ke Bogota, Columbia pada pesta Putri Karmel 16 Juli tahun itu.

Selama hampir enam tahun ia bekerja tak henti-hentinya dalam mempromosikan Legio Maria di Columbia, Argentina, Ekuador, Uruguay dan Brasil. Setelah penyakit yang singkat namun mematikan itu, dia meninggal di Buenos Aires pada hari raya St Agnes, 21 Januari 1959.

Tuhan telah menganugerahinya bakat alami yang besar, kepribadian yang menarik jiwa pelayanan dan kasih Allah, antusiasme yang alami, dan kemauan yang kuat untuk mempelajari berbagai bahasa, yang memungkinkan dia untuk cepat mencapai kefasihan dalam bahasa Spanyol dan Portugis yang familiar bagi kebanyakan masyarakat Amerika Latin.

Selama tahun – tahunnya di Amerika Selatan ia mendirikan sejumlah cabang – cabang besar Legio Maria, dan melatih banyak orang dalam kerasulan Legio. Pengabdiannya kepada Maria sungguh luar biasa, dan dalam kontak dengan Legioner dan orang lain, ia tak henti-hentinya untuk mengajak mereka mengambil cara yang dipakai oleh St. Monfort dalam Bakti Sejati kepada Maria.
Ia dimakamkan di Pemakaman Christian Brothers, Recoleta, Buenos Aires.

24 Juni 1932 Lahir di Tullamore, Co. Offaly, Irlandia
1945 Pada umur 13 tahun menyatakan bahwa ia ingin masuk kehidupan religius dengan masuk di biara bruder “Christian Brothers”.

 

8 September 1948 Masuk Novisiat bersamaan dengan 49 teman seangkatannya, diberikan nama Ignatius
1950 Terpaksa keluar dari Novisiat karena penyakit
6 Juli 1950 Pada umur 18 tahun Alfie masuk anggota Legio Maria di Tullamore, setelah itu ia pindah ke Dublin karena tugas mengelola Rumah Singgah “Morning Star”

 

15 Juli 1953 Umur 21 tahun, Alfi berkeliling Amerika Selatan sebagai Envoy Legio Maria bersama seniornya Seamus Grace. Perjalanan Alfie meliputi: Chili, Argentina, Peru, Bolivia, Paraguay, Uruguay, Brazil.
November 1953 Alfie sampai di Columbia, mulai memperkenalkan Legio Maria. Di Columbia Alfie sukses besar, kepribadiannya telah memenangkan jiwa-jiwa. Ia akrab di sapa “El Corderito”.

 

1953-1954 Ekuador, negara yang saat itu sangat buruk dalam keagamaan, bermula dari permintaan para Uskup di Ekuador, berakhir dengan karya Alfie yang gemilang.

 

1954 Alfie dibawa dalam Konferensi Wali Gereja Ekuador; diminta untuk meluaskan Legio di Ekuador sebagai penghormatan “Tahun Maria”.
25 Maret 1954 Kuria pertama di Ekuador dibentuk dengan delapan (8) Presidia.
1955 Musim semi 1955 seluruh Keuskupan di Ekuador telah beridiri Legio Maria
Juli 1955 Alfie dibawa dalam Kongres Ekaristi Internasional di Rio de Janeiro, oleh karena kesuksesan meluaskan Legio Maria di Amerika Selatan. Ia diperkenalkan kepada peserta kongres. Alfie juga baru saja membentuk Kuria di Peru dan Bolivia.

 

18 Oktober 1955 Kuria di Sao Paulo, Brazil, dibentuk.

 

Musin Gugur 1955 Kembali lagi ke Argentina, mengunjungi seluruh Keuskupan disana, kemudian ke Bolivia, Paraguay dan sampai lagi di Ekuador dan Argentina. Alfie juga membentuk presidium di Buenos Aires yang anggotanya adalah orang-orang Rusia.

 

1957 Kuria ke dua di Asuncion, Paraguay dengan dua belas (12) presidia.
7 September 1957 Ke Bolivia melalui Peru menuju Oruru-Kota Tambang Komunis, mendirikan Kuria dengan sepuluh (10) presidia
9 Desember 1957 Uskup Agung Buenos Aires menganugerahkan ijin yang luas bagi Alfie untuk memperkenalkan Legio Maria di Keuskupannya
1958 Kuria pertama di Uruguay dibentuk di Montevideo

Salah seorang tokoh Uskup di Amerika Selatan, mengucapkan Janji Legio saat pentahbisannya sebagai Uskup.

 

4 Agustus 1958 Kuria dibentuk di Buenos Aires dengan dua puluh tiga (23) presidia
Desember 1958 Alfie masuk Rumah Sakit karena radang usus
30 Desember 1958 Alfie mengirim surat terakhirnya untuk Konsilium
9 Januari 1959 Alfie menjalani operasi dan Lymphatic Sarcoma –Kanker ganas ditemukan
21 Januari 1959

Pada Pesta St. Agnes, Alfie wafat di Rumah Sakit Argentina. Sebelum meninggal Alfie menerima Sakramen Minyak Suci dari Kardinal Opello, Argentina, dan menerima berkat terakhir dari Apostolik Nuncio Argentina Kardinal Umberto Mozzoni, yang kemudian memprakarsai untuk penyelidikan untuk anugerah kudus bagi Alfie.

Yang sangat mengharukan adalah Biara Buruder “Christian Brothers” yang saat itu terpaksa mengeluarkan Alfie karena penyakit, akhirnya meminta jenasah Alfie agar dimakamkan di Pemakaman Biara  Christian Brothers, di Recoleta Cemetery, Buenos Aires.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *