Animator/tris Anak dan Remaja Paroki St. Damian yang Sadar Ekologi

Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)
Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)

Berkatnews.com-Bengkong, Batam. Pada Pelatihan Pendamping Anak dan Remaja yang dilaksanakan di aula Paroki St. Damian pada hari Sabtu 27 Januari 2018 – Minggu 28 Januari 2018, dengan tema, “Berjalan Bersama KIDS ZAMAN NOW”, panitia sangat menyadari tentang pentingnya bersahabat dengan alam. Hal ini ditunjukkan dengan tidak lagi menggunakan air mineral kemasan selama kegiatan ini berlangsung. Para peserta diimbau untuk membawa botol minum pribadi. Memang tidak mudah, masih ada peserta yang bertanya, atau keberatan untuk melakukannya, tapi dengan sedikit penjelasan, akhirnya para peserta bisa memahami maksud panitia.

            Penggunaan kertas juga sangat dikurangi. Materi yang biasanya dibagikan pada peserta dalam bentuk hard copy, bisa diperoleh peserta dalam bentuk soft copy. Para peserta diimbau untuk membawa laptop (bagi yang memiliki laptop) atau flash disk agar bisa menyimpan data. Penggunaan laptop ini juga sangat membantu peserta dalam menyusun modul dan mempresentasikannya di depan peserta yang lain.

            “Pendidikan Ekologi bagi anak dan remaja, harus dimulai dari para pendampingnya terlebih dahulu.”, kata Ibu Dana, pangillan dari Ibu Theresia Dana Hutami, ketua panitia Pembekalan tersebut. Pemateri yaitu Dirdios KKI dari Keuskupan Agung Palembang, RP Ignatius Elis Handoko, SCJ, juga berkali-kali menyampaikan tentang pentingnya bersahabat dengan alam.

            Setelah pelatihan kali ini, para pendamping diharapkan bisa menularkan nilai-nilai ekologi ini pada anak dan remaja yang didampinginya. Salam Misioner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *