Berdamai dengan Lingkungan; Natal di Tanah Melayu

Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)
Oleh L V Evy Puspitosari (Fasilitator AsIPA St. Damian)

Bengkong-Berkatnews.com. Perayaan hari kelahiran Kristus selalu dinantikan oleh seluruh umat kristiani di seluruh dunia, tak terkecuali umat di stasi St. Yosef, Kabil, yang masuk dalam wilayah Paroki St. Damian Batam. Perayaan Natal tahun 2017 ini dipersiapkan dengan baik oleh panitia natal stasi yang diketuai oleh bapak Jansen Pasaribu, koordinator wilayah St. Kanisius.

Seksi Dekorasi, yaitu bapak Yoseph Dipo Santoso menggandeng OMK sebagai tim dekorasi untuk perayaan natal tahun ini. Dua hal yang dipersiapkan selama 2 minggu oleh tim dekorasi yaitu kandang natal dan pohon natal.

Pohon natal yang dibuat dari ratusan botol bekas air mineral ini ingin menyampaikan pesan bahwa natal mendamaikan diri kita dengan lingkungan, barang bekas yang dibuang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain.

Sedangkan kandang natal dibuat seperti rumah adat melayu. Nuansa melayu sangat kental dalam liturgi misa malam natal, dari lagu-lagunya, penari pengantar persembahan serta kandang natalnya. Yesus kini hadir di rumah melayu, rumah kita. Mari kita menerima-Nya masuk dalam rumah kita.

Misa Malam Natal, Minggu 24 Desember 2017 yang dimulai pukul 19:00 wib ini dipimpin oleh RP. Sergius Rusdi Santosa, SS.CC, dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Maklumat kelahiran Tuhan Yesus Kristus (Martyrologium), Perarakan, penyambutan dan peletakan patung bayi Yesus di palungan (kandang natal) dan Perayaan ekaristi.

Turut mengambil bagian dalam perayaan tersebut, petugas koor dari wilayah St. Agustinus, tatib dan kolektan dari wilayah Sta. Maria Ratu Damai, keamanan dari Polsek Nongsa bersama wilayah St. Karolus, petugas pembawa persembahan dari wilayah St. Ignatius, St. Yohanes Pemandi, St Don Bosco, Sta. Monika, OMK dan Kerasulan Anak.

Natal yang mengusung tema: “HENDAKLAH DAMAI SEJAHTERA KRISTUS MEMERINTAH DALAM HATIMU” (Kolose 3:15) ini berlangsung meriah. Sekitar 2000an umat katolik dari 32 KBG yang ada di sekitar stasi St Yosef, Kabil, hadir dalam misa malam natal tersebut.*

Foto Dok

WhatsApp Image 2018-01-01 at 12.41.02 PM

WhatsApp Image 2018-01-01 at 12.41.05 PM

WhatsApp Image 2018-01-01 at 1.05.02 PM

WhatsApp Image 2018-01-01 at 1.05.04 PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *