BERJALAN BERSAMA “KIDS ZAMAN NOW” Oleh RP Ignatius Elis Handoko, SCJ

Materi Pembekalan Pendamping Anak dan Remaja, Paroki St. Damian, Sabtu 27 Januari 2018 – Minggu 28 Januari 2018:

MATERI BIR & METODE. Sebuah praktik (simulasi) mempersiapkan materi  bina iman anak dan remaja (BIA dan BIR). Para peserta bekerja dalam kelompok kelompok kecil, dengan vareasi bahan dan metode, peserta diajak untuk kreatif dalam mengolah bahan pendampingan yang ada. Dari sisi metode, dibahas pula bagaimana pendekatan kreatif pada aneka bentuk kultur digital agar peserta bisa menemukan pesan-pesan Kristiani bagi anak-anak remaja.

INTERNET DAN REMAJA. Internet sudah menjadi keseharian remaja, khususnya aktivitas di media sosial (medsos). Selain kemanfaatan, Internet atau medsos juga mendatangkan dampak sampingan bagi remaja. Visi materi: menyadari bahwa Internet bukan sekadar alat komunikasi melainkan locus bermisi dan menumbuhkan daya kritis (kristiani) bagi remaja yang hidup daring; mengajak remaja menjadi cerdas dalam bermedsos. Untuk itu perlu memahami apa itu logika Internet, dampak-dampaknya, peluang-peluangnya, lalu bagaimana ajaran Gereja tentangnya. Pendamping juga diajak menemukan: bahasa-bahasa “kids zaman now” sebagai pintu masuk pendampingan, lalu menatapkannya dengan nilai-nilai atau ajaran Katolik (aspek kecerdasan iman di tengah logika Internet).

ARAH FORMASIO IMAN REMAJA. Visi formasio yang hendak dicapai ialah pendampingan yang mengarahkan remaja Katolik menjadi cerdas, tangguh, dan misioner. Aspek cerdas dan tangguh mau menandai sikap iman remaja. Sementara aspek misioner menegaskan identitas remaja yang diutus untuk bersaksi. Inilah makna dari hidup dalam Kristus.

PANDUAN MENYUSUN MODUL. Keprihatinan di level praktis pendamping (grass root) ialah pengadaan materi pendampingan iman remaja mengingat terbatasnya buku-buku pegangan untuk BIR. Bagian ini mengajak peserta untuk melihat secara lebih rinci hal-hal apa saja yang bisa diperhatikan dalam menyiapkan atau menyusun modul pendampingan BIA dan BIR.

PRAKTIK MENYUSUN MODUL. Pelatihan ini dibuka dengan proses learning by doing, yang pada gilirannya dimurnikan dengan aneka materi penunjang. Pada tahapan ini, peserta diajak untuk menyusun secara lengkap tema pendampingan BIA dan BIR ke dalam sebuah modul.

SIMULASI PENDAMPINGAN IMAN REMAJA. Inilah praktik membawakan modul BIA dan BIR. Kiranya akan menjadi sangat jika simulasi ini dipraktikkan langsung di depan anak-anak remaja. Dengan cara ini, peserta akan langsung merasakan feedback yang bermanfaat bagi proses latihannya.

SALAM MISIONER….!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *