Buah Aksi Nyata KBG Tahun Kerahiman: 103 Pasangan Ikuti KPP

MBPA-BerkatNews.com. Sepanjang tahun 2016, ditetapkan sebagai Tahun Yubileum Agung Kerahiman Ilahi. Bapa suci, Paus Fransiskus dalam Bulla, “Misericordes Sicut Pater” (Luk 6: 36) mengajak kita untuk terus merefleksikan belaskasihan Allah dalam seluruh hidup harian kita. Senada dengan itu, almarhum Bapa Uskup Hilarius Moa Nurak, SVD, melalui Surat Gembala, “Murah Hatilah seperti Bapa”, menghendaki dan mengutus kita semua, Umat Katolik di Keuskupan Pangkalpinang ini, untuk menjadi rasul-rasul kerahiman dan belaskasih Bapa dimana pun kita berada.

Agenda Tahun Kerahiman yang selama ini dikemas melalui modul-modul pendalaman iman di KBG-KBG, akhirnya menggerakan hati umat Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi-Sagulung, untuk mengadakan aksi nyata modul sepanjang bulan Februari dengan memberikan perhatian khusus bagi pasangan-pasangan Katolik yang selama ini tinggal bersama tanpa ikatan perkawinan, untuk meninggalkan cara hidup lamanya dan mempersiapkan diri menerima Kerahiman Allah melalui rahmat sakramen perkawinan.

Alhasil, peserta yang terdaftar dalam Kursus Persiapan Perkawinan kali ini mencapai angka seratus tiga (103) pasangan, yang sedang dalam proses KPP. Dalam pertemuan perdana bersama semua peserta KPP ini, RD.Emanuel Vengi Nivak selaku Pastor Paroki memberikan perjelasan tentang pentingnya KPP bagi pasangan yang hendak menikah secara Katolik. “ Banyak perkawinan menjadi rusak karena hal-hal yang seharusnya dipersiapkan sebelum menikah justru tidak diperhatikan; sementara hal-hal yang sesungguhnya sekedar pelengkap dijadikan sebagai perhatian utama” demikian RD. Eman menegaskan kepada peserta yang memadati pelatan samping Gereja Paroki MBPA, Minggu, 26 Juni 2016 sore.

Lebih lanjut, mantan pastor Paroki S.Yoseph Tanjung Balai ini menegaskah bahwa karena perkawinan katolik itu sekali untuk selamanya, maka Gereja memandang perlu untuk mempersiapkan anggota-anggotanya yang hendak menikah, dengan berbagai hal penting yang harus diperhatikan, agar anggota-anggota Gereja itu sungguh siap untuk menjadikan perkawinan sebagai sebuah panggilan dan memiliki bekal dalam perjalanan menempuh hidup perkawinan, sehingga segala rencana Tuhan atas perkawinan dihayati dan dialami sebagai berkat.

Agenda pertemuan bagi para peserta KPP ini dibagi dalam beberapa kali tatap muka yakni tiga kali bersama Pastor dan selanjutnya dibagi kewilayah-wilayah untuk dianimasi lebih lanjut dibawah pendampingan seksi keluarga Paroki.

Semoga Rahmat Kerahiman Ilahi merasuk ke dalam keluarga-keluarga yang sedang mengikuti KPP ini serta menggerakan para peserta, untuk menjadi pribadi-pribadi yang dengan sadar : menerima, menghayati dan menghadirkan Kerahiman Ilahi bagi sesama anggota keluarganya dan bagi sesama umat dalam KBG-nya. /Atan


Foto Dokumentasi

WhatsApp-Image-20160708 (1)

WhatsApp-Image-20160708 (2)

WhatsApp-Image-20160708

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *