Catat ! Tiga Cara untuk Memperoleh Indulgensi pada Perayaan 100 tahun Penampakan Maria di Fatima

BerkatNews.com. Pada Peringatan 100 tahun Penampakan Maria di Fatima (27 Nopember 2016 s/d 26 Nopember 2017), Gereja telah memberikan kesempatan untuk memperoleh indulgensi selama tahun perayaan ini.

Dilansir Berita Katolik Catholic News Agency/CNA (1/12/2016), Paus Fransiskus telah memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada umat beriman untuk memperoleh indulgensi di seluruh hari selama perayaan 100 tahun mulai pada 27 Nopember 2016 sampai dengan  26 Nopember 2017.

Seorang rektor yang bertugas di Gua Maria Fatima, Portugal, André Pereira menjelaskan kepada CNA bahwa indulgensi bisa diperoleh selama seluruh tahun yubileum Fatima ini. Berikut ini adalah tiga cara untuk memperoleh rahmat indulgensi tersebut:

1. Melakukan Ziarah ke Gua Maria Fatima

Cara pertama adalah umat beriman melakukan ziarah ke Gua Maria Fatima di Portugal dan berpartisipasi dalam perayaan atau doa yang didedikasikan untuk Perawan Maria. Selain itu, umat beriman harus berdoa Bapa Kami, Aku Percaya, dan doa-doa Maria lainnya.

2. Berdoa di depan Arca Bunda Maria Fatima

Cara kedua adalah dengan kesetiaan dan kesucian niat untuk mengunjungi dan berdoa di depan Arca Bunda Maria Fatima yang telah ditahtakan untuk penghormatan publik di setiap Gereja dimanapun berada, ibadat-ibadat terkait hari-hari ulang tahun penampakan; tanggal 13 setiap bulan dari bulan Mei s/d Oktober 2017, dan  taat berpartisipasi dalam beberapa perayaan atau doa untuk menghormati Bunda Maria.

Mengenai cara ke dua ini, rektor Gua Maria Fatima mengatakan kepada CNA bahwa kunjungan ke arca Bunda Maria, “tidak perlu harus hanya di Fatima atau secara eksklusif di Portugal,” tetapi dapat dilakukan di mana saja di dunia.

Mereka yang memohon indulgensi ini juga harus mendoakan doa Bapa Kami, Aku Percaya dan doa-doa kepada Bunda Maria Fatima lainnya.

3. Indulgensi bagi para Lansia dan Lemah

Cara ketiga untuk mendapatkan indulgensi berlaku untuk orang-orang yang, karena usia, penyakit atau penyebab serius lainnya, tidak mampu untuk mendapatkan cara-cara pertama dan kedua di atas.

Orang-orang ini bisa berdoa di depan patung Bunda Maria dari Fatima dan harus secara spiritual mempersatukan diri pada perayaan Yubileum pada hari-hari dari penampakan, tanggal 13 setiap bulan, antara bulan Mei dan Oktober 2017. Mereka juga harus “memohon belas kasihan Tuhan dengan keyakinan, melalui Maria, doa dan penderitaan mereka atau pengorbanan yang mereka buat dalam kehidupan mereka sendiri.”


foto: Our Lady of Fatima. Credit: Our Lady of Fatima International Pilgrim Statue via Flickr (CC BY-SA 2.0).

Diterjemahkan oleh BerkatNews.com/costmust

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *