Frank Duff (Pendiri Legio Maria)

Frank Duff lahir di Dublin, Irlandia pada 7 Juni 1889 sebagai anak sulung dari 7 kakak beradik.
Pada tahun 1913, ia menjadi anggota Serikat Santo Vinsensius (SSV). Semangat serikat ini berpengaruh besar padanya. Sebagai anggota SSV lama-kelamaan bertumbuh dalam dirinya cinta yang besar kepada orang-orang miskin dan kaum tersisih. Di dalam diri mereka, seperti juga dalam setiap orang yang dijumpainya, ia mengenali dan menghormati Kristus.

Tahun 1916 pada usianya yang ke-27, ia menerbitkan brosurnya yang pertama: “Dapatkah kita menjadi orang kudus?”. Dalam brosur tersebut ia mengungkapkan salah satu keyakinannya yang terkuat dalam hidupnya, yaitu bahwa tanpa kecuali kita semua dipanggil menjadi kudus. Melalui iman Katolik, tersedia bagi kita segala sarana untuk mencapai kesucian.

Pada tahun 1917 ia mulai mengenal uraian Santo Louis Mariae de Montfort tentang “Bakti Sejati Kepada Maria”. Buku ini akan mengubah hidupnya secara total.

Pada 7 September 1921, Frank Duff mendirikan Legio Maria, suatu organisasi kerasulan awam yang ingin melayani Gereja di bawah bimbingan hirarki. Tujuannya adalah ganda : pengembangan hidup rohani para anggotanya dan perluasan Kerajaan Kristus melalui Maria.
Legio kini dapat ditemukan dalam hampir setiap Negara di dunia dan mempunyai hamper 3 juta anggota aktif dan lebih banyak lagi anggota auxilier (Pendoa).

Pada tahun 1965, Paus Paulus VI mengundang Frank Duff untuk menghadiri Konsili Vatikan II sebagai pengamat awam. Melalui penghormatan ini Paus mengakui dan meneguhkan usahanya yang luar biasa dalam memajukan karya kerasulan awam.

Pada tanggal 7 Nopember 1980, Frank Duff meninggal dunia. Jenasahnya diistirahatkan di Pemakaman Glasnevin, Dublin.
Pada bulan Juli 1996 proses untuk menyatakan dia Orang Kudus dimulai oleh Uskup Agung Dublin, Mgr. Desmon Connel.


DOA UNTUK MEMOHON BEATIFIKASI HAMBA ALLAH FRANK DUFF
 
(Servus Dei) Frank Duff
(Servus Dei) Frank Duff

Allah Bapa kami,
Engkau mengilhami hamba-Mu Frank Duff dengan pengertian yang mendalam mengenai misteri Gereja-Mu sebagai Tubuh Kristus, dan peranan Maria, ibunda Yesus, dalam misteri Kristus dan Gereja.

Dalam kerinduannya yang menggelora untuk membagi-bagikan pengertian itu kepada orang-orang lain dan dalam ketergantungan dari Maria, sebagai anaknya, ia mendirikan Legio Maria sebagai tanda cinta kasih Bunda Maria bagi dunia dan sebagai sarana untuk melibatkan semua anaknya dalam tugas Gereja mewartakan Injil.

Kami bersyukur kepada-Mu, ya Bapa atas segala karunia yang Engkau limpahkan kepadanya dan atas segala kebaikan yang memperkaya Gereja lewat imannya yang berani dan berkobar-kobar.
Dengan penuh kepercayaan kami mohon agar doa perantaraan hamba-Mu Frank Duff, Engkau mengabulkan permohonan yang kami sampaikan kepada-Mu………….(sebutkan permohonan anda)

Kami juga memohon, bila hal ini sesuai dengan kehendak-Mu agar kekudusan hidupnya diakui oleh Gereja, demi kemuliaan nama-Mu, dengan perantaraan Kristus Tuhan kami.Amin.

 

Dengan Persetujuan Gereja


Jakarta, 26 Oktober 2000
Imprimatur
Rm. Yohanes Subagyo, Pr
Vikaris Jendral Keuskupan Agung Jakarta

Anugrah yang diperoleh dengan perantaraan doa Frank Duff hendaknya dilaporkan kepada:
Concilium Legionis Mariae
De Montfort House
Morning Star Avenue
Brunswick Street
Bublin 7-Ireland
 

Atau melalui Dewan-dewan Legio Maria terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *