Jambore Selesai, Panitia Rapat KKI Bidang Anak dan Remaja Se- Regio Sumatera

Nias-BerkatNews.com. Sebagaian besar Panitia Jambore Akbar Remaja Misioner IV (JARI IV) adalah juga sebagai pengurus Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Pangkalpinang mengikuti Rapat Tahunan KKI Bidang Anak dan Remaja di Nias, 4-8 Juli 2016. Mereka bergabung dengan tim Kevikepan Selatan menjadi 7 orang. Mereka adalah Osner Naibaho, Theresia Dana, Rosdia Wifra Munte, Catharina Anna DSetyorini, Ira Agustina, Yohanes K Sogen dan Diakon Yopi. Rombongan dipimpin Dirdios (Direktur Diosesan) KKI Keuskupan Pangkalpinang RD. Yos Anting Pattimura.

Tahun ini, Rapat ke-IV,  bertindak sebagai tuan rumah adalah Keuskupan Sibolga, tepatnya di Pulau Nias. Rapat KKI Bidang Anak dan Remaja ini dibuka oleh Uskup Sibolga,Mgr. Ludovicus Simanullang, OFM.Cap, didampingi RP. Martin Nule, SVD sebagai ketua KKI Regio Sumatera dan diikuti 25 orang perwakilan dari tiap keuskupan di Regio Sumatera.

Ketika dihubungi BerkatNews.com, salah satu perwakilan dari Keuskupan Pangkalpinang, Ibu Rosdia mengatakan bahwa kegiatan tahun ini mengambil tema “Menjadi Misionaris yang Berbelas Kasih”. Banyak sekali acara yang telah dikemas selama 4 hari ini diantaranya: sharing kegiatan anak dan remaja dari masing-masing paroki dan keuskupan, materi spiritualitas misi yang memancarkan kerahiman Allah, pengenalan budaya Nias, dll.

Masih menurut Bu Rosdia, acara berjalan dengan bagus dan tertib; dikoordinir oleh Sr. Dominika, OSF selaku Dirdios KKI Keuskupan Sibolga. “Kami juga dibawa ke museum Budaya Nias dan disambut dengan acara seremonial adat Nias oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Pastoral yang ada di Nias…” cerita Bu Rosdia.


Untuk diketahui, Karya Misi Kepausan (The Pontifical Mission Works) atau juga disebut Serikat Misi Kepausan (The Pontifical Mission Societies) atau lebih dikenal dengan istilah yang lebih singkat Karya Kepausan adalah sebuah lembaga yang membantu tugas Bapa Paus  yang  secara struktural berada di bawah Kongregasi Suci untuk Penginjilan (Evangelisasi) Bangsa-bangsa (Sacred Congregation for Evangelization of Peoples).

Prefek Kongregasi Suci untuk Penginjilan Bangsa-bangsa saat ini adalah His Eminence Kardinal Fernando Filoni; sedangkan Presiden untuk Karya Kepausan saat ini adalah His Excellency Mgr. Protase Rugambwa. Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Presiden Karya Kepausan dibantu oleh empat (4) Sekretaris Jenderal yang membawahi empat Serikat Kepausan yang ada di bawah tanggungjawabnya masing-masing.

Empat Serikat Kepausan tersebut adalah:

  1. Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman (The Pontifical Society for the Propagation of Faith). Serikat ini didirikan oleh: Pauline Marie Jaricot (1799-1862), pada tanggal 3 Mei 1822. Sekretaris Jenderal Serikat Kepausan untuk Pengembangan Iman saat ini adalah : Msgr. Timothy Lahane, SVD
  2. Serikat Kepausan St. Petrus Rasul untuk Pengembangan Panggilan (The Pontifical Society of St. Peter Apostle). Serikat ini didirikan oleh seorang ibu bersama putrinya, Stephanie dan Jeanne Bigard (1859-1934), pada tahun 1889. Sekretaris Jenderal Serikat Kepausan St. Petrus Rasul saat ini adalah : Msgr. Jan Dumon
  3. Serikat Kepausan Anak/Remaja Misioner (The Pontifical Society of The Holy Childhood)didirikan oleh Mgr. Charles de Forbin Janson (1785-1844), pada tanggal 19 Mei 1843. Sekretaris Jenderal Serikat Kepausan Anak/Remaja Misioner saat ini adalah: Miss. Dr. Baptistine Joanne Ralamboarison
  4. Serikat Kepausan Persekutuan Misioner untuk Imam, Religius dan Awam (The Pontifical Missionary Union for Priest, Religious and Laity),didirikan oleh: Beato Paolo Manna, PIME (1872-1952), pada tahun 1916. Sekretaris Jenderal Serikat Kepausan Persekutuan Misioner untuk Imam, Religius dan Awam saat ini adalah: Mgr. Vito del Prete, PIME.

Reff: http://www.kkindonesia.org/

 

/de Maria Numquam Satis [costmust]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *