Home Asian Church Kardinal Zen menyerukan semua warga Hong Kong untuk bersatu

Kardinal Zen menyerukan semua warga Hong Kong untuk bersatu

by admin

Kardinal Joseph Zen, uskup emeritus Keuskupan Hong Kong mengatakan persatuan antara semua strata sosial diperlukan guna mempertahankan kebebasan Hong Kong.

Kardinal itu membuat pernyataan dalam menanggapi keputusan yang diambil oleh Federasi Mahasiswa untuk tidak mengambil bagian dalam tuguran peringatan bagi para martir dalam tragedi Lapangan Tiananmen, lapor AsiaNews.

Bagi prelatus itu, โ€œperjuangan besar dan panjang untuk kebebasan dan demokrasiโ€ sedang berlangsung di Hong Kong. Untuk mencapai tujuan ini, semua strata sosial harus bersatu; โ€œpersatuan dan kerja samaโ€ yang diperlukan, katanya.

Untuk pertama kalinya dalam 27 tahun, kelompok mahasiswa itu telah memutuskan untuk tidak bergabung dengan gerakan pro-demokrasi. Tuguran itu, yang akan digelar semalam pada 3-4 Juni di Victoria Park, akan menarik ratusan ribu warga Hong Kong.

Dipimpin oleh Aliansi Hong Kong untuk Mendukung Gerakan Demokrasi Patriotik di Tiongkok, warga Hong Kong berkumpul bersama setahun sekali untuk mengingatkan para pemimpin Tiongkok sebagai penanggung jawab politik untuk mempidanakan mereka terkait pembunuhan mahasiswa dan buruh tahun 1989, dan menyerukan rehabilitasi.

Protes Lapangan Tiananmen tahun 1989 adalah sebuah rangkaian demonstrasi yang dipimpin mahasiswa diadakan di Lapangan Tiananmen di Beijing, Tiongkok, antara 15 April hingga 4 Juni 1989.

Protes ini terkait ketidakstabilan ekonomi dan korupsi politik yang kemudian merembet menjadi demonstrasi pro-demokrasi yang merupakan suatu yang belum lazim di Tiongkok yang otoriter. Lebih dari 3.000 orang meninggal sebagai akibat tindakan dari pasukan bersenjata.

Sumber: ucanews.com

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.