Liputan Tim Ziarah Galang: Umat Semakin Antusias Sambut Prosesi Arca Maria di Santo Petrus

siska
Laporan Francesca (Tim Ziarah Galang)

Lubuk Baja-BerkatNews.com (16/10/2016 21.00 WIB). Santo besar dalam Gereja Katolik yang dari padanya banyak santo-santa lain terinspirasi akan ajarannya tentang Maria adalah Santo Louis Grignion de Monfort atau sering disebut Santo Monfort. Dua buku terkenalnya adalah Rahasia Maria dan Bakti Sejati kepada Maria. Mendiang Santo Yohanes Paulus II bahkan memakai semboyan Santo Monfort “TOTUS TUUS” sebagai semboyan kepausannya. Salah satu praktek lahiriah menghidupi devosi kepada Maria sebagaimana diajarkan St. Monfort adalah mengarak Arca Maria atau sering disebut Prosesi Maria.

Prosesi Maria inilah yang minggu ini memasuki minggu ke III dalam rangkaian Safari Prosesi Maria Galang ke paroki-paroki di Batam. Secara istimewa para Tim Ziarah Galang membawa Maria ke paroki-paroki agar semakin banyak umat mengenal dan mencintai Santa Perawan Maria dengan belajar dari iman dan semangat para pengungsi Vietnam ketika harus berjuang dalam pengejaran, mempertahankan iman mereka.

Paroki yang mendapat kunjungan berahmat di minggu ke III ini adalah Paroki Santo Petrus Batam, setelah sebelumnya selama satu minggu Bunda Maria berkenan secara khusus mengunjungi umat Santo Damian Bengkong.

Sejak pukul enam pagi (Minggu, 16 Oktober), ditengah langit Batam yang mendung dan hujan rintik-rintik, umat Santo Damian sudah berkumpul di halaman gereja untuk ikut serta menghantar Arca Maria ke Paroki Santo Petrus. Doa Rosario dan litani kepada Bunda Maria didaraskan selama persiapan. Tepat pukul tujuh pagi, dipimpin Pastor Paroki  Santo Damian, RP. Kornelis Aroendati Gaga, SSCC, Arca Maria mulai bergerak menuju Lubuk Baja.

Sebagaimana umat beriman di Paroki Santo Damian dan Kerahiman Ilahi, di Hari Minggu Evangelisasi ini umat  St. Petrus mengekspresikan cinta dan baktinya menyambut Arca Maria dengan tarian tradisional. Kali ini iring-iringan tarian dari daerah Kedang, Flores menyemarakkan prosesi penyambutan, terlihat Bapak- bapak dan Ibu-ibu serta anak-anak menari dengan sukaria menyambut kedatangan Arca Bunda Maria beserta rombongan.

Suasana menjadi hening dan khidmat ketika seruan Kidung Maria Magnificat di kumandangkan dengan semangat oleh seluruh umat yang berkumpul menyambut Arca Bunda Maria di Pintu Utama Gereja St. Petrus Lubuk Baja. Penyambutan Arca Maria dipimpin RD. Yance De Ornay didamping RD. Frans Mukin (Vikep) RD. Hendrawinata dan RD. Nanu.

Aku mengagungkan Tuhan, *

hatiku bersukaria karena Allah, penyelamatku.

Sebab Ia memperhatikan daku, *

hamba-Nya yang hina ini.

Mulai sekarang aku disebut yang bahagia, *

oleh sekalian bangsa.

Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa, *

kuduslah nama-Nya.

Perkasalah perbuatan tangan-Nya, *

dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.

Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta, *

yang hina dina diangkat-Nya.

Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan, *

orang kaya diusir-Nya pergi dengan tangan kosong.

Menurut janji-Nya kepada leluhur kita, *

Allah telah menolong Israel hamba-Nya.

Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya, *

untuk selama-lamanya.

Bunda Maria Galang telah hadir di Paroki St. Petrus semoga umat mampu mendekatkan diri dan berdoa tak jemu-jemu” pesan RD. Yance dalam sambutannya. Beliau juga mengatakan bahwa walaupun mendiang Uskup Mgr. Hilarius telah pergi dan seyogyanya direncanakan th 2018 akan meresmikan tempat ziarah ini, namun pasti Beliau akan selalu mendoakan kita dalam mewujudkan tempat ziarah ini dan para Pastor mengajak umat untuk berpartisipasi dalam mewujudkan tempat peziarahaan ini. Masih menurut RD. Yance, “Tempat ziarah ini memiliki nilai iman dan menjadi ikon yang luar biasa bagi gereja Katolik di pulau Batam, dimana umat percaya bahwa Bunda Maria telah menolong para pengungsi Vietnam pada masa itu dan sampai saat ini Bunda Maria tetap menjadi penolong bagi kita semua yang masih mengarungi kehidupan di dunia ini“.

Minggu depan pada kunjungan minggu ke-IV, Arca Maria Galang akan mengunjungi umatnya di Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi, Tembesi pada 23 Oktober 2016.***

Per Mariam Ad Jesum

Ta On Duc Me

Foto Dok.

1

2

2a

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

14

15

16


Editor: [costmust/BerkatNews.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.