Home Universal ChurchCatholic World News Museum Etnologi Vatikan Hadirkan Taman Borobudur Khas Indonesia

Museum Etnologi Vatikan Hadirkan Taman Borobudur Khas Indonesia

by admin

BerkatNews.com. Suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia, kini Taman Borobudur hadir di Musemum Etnologi Vatikan.

Dilansir Kantor Berita Antara (19/11/2016), pembukaan proyek Taman Borobudur bertempat di Museum Etnologi Vatikan, dihadiri Gubernur Kota Vatikan, Kardinal Giuseppe Bertello, bersama Menteri Pariwisata RI Dr. Ir. Arief Yahya, Jumat (18/11/2016).

Acara dihadiri lebih 60 tamu diantaranya Menteri ESDM Ignasius Jonan, Mantan Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, dan Dubes RI untuk Takhta Suci, Antonius Agus Sriyono, kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Vatikan Sturmius Teofanus Bate kepada Antara London, Sabtu.

Dalam sambutannya, Kardinal Bertello antara lain menyatakan Vatikan memuji harmoni hubungan antaragama di Indonesia sehingga hubungan Indonesia-Takhta Suci dinilai sangat spesial. Disamping itu melalui pembangunan Taman Indonesia ini diharapkan menjadi sarana dialog budaya antara pihak Gereja Katholik dengan Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menekankan arti penting semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai fondasi bagi persatuan bangsa Indonesia. Menurutnya, meskipun Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, namun Indonesia benar-benar menghargai pentingnya harmoni diantara umat beragama. Hal ini secara simbolik ditunjukkan antara lain dengan kedekatan lokasi Mesjid Agung Istiqlal dengan Gereja Kathedral di Jakarta.

Setelah kedua sambutan, acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita merah putih dan diikuti penyerahan secara simbolis stupa Borobudur dari Menteri Pariwisata kepada Kardinal Bertello. Stupa terbuat dari bahan dasar alumunium yang disesuaikan dengan karakter batu candi. Stupa terpasang nantinya setinggi 3.6 m dengan diameter 3.8 m.

Dengan pembukaan proyek ini diharapkan pembangunan Taman Borobudur dapat diselesaikan akhir tahun ini. Diperkirakan Museum Etnologi Vatikan setiap tahunnya dikunjungi lebih enam juta wisatawan. Oleh karena itu, keberdaan Taman Borobudur diharapkan akan menjadi sarana yang efektif bagi promosi wisata Indonesia.


Sumber: antaranews.com

Foto: Kompas.com

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.