Pastor Tom Selamat setelah 18 Bulan dalam Penculikan

BerkatNews.com. Masih tajam dalam ingatan kita berita penculikan Pastor Tom tahun lalu. Hampir setiap hari beritanya viral di media sosial Facebook maupun Whatsapp terkait kabar terkini keberadaan Pastor Tom. Namun, tidak ada kejelasan hingga 12 September yang lalu kabar pembebasan Pastor Tom terdengar.

Dilansir Radio Vatikan (13/9), Vatikan telah menerima dengan rasa syukur yang mendalam berita tentang pembebasan seorang imam Katolik India Pastor Tom Uzhunnalil, setelah 18 bulan ditangkap setelah penculikannya oleh kelompok bersenjata yang tidak dikenal pada bulan Maret tahun lalu di Yaman. Imam Salesian Don Bosco tiba di ibukota Oman, Muscat, dalam sebuah pesawat angkatan udara segera setelah pembebasannya pada hari Selasa, 12 September.

Tahta Suci dengan sungguh-sungguh mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang bekerja untuk pembebasannya, dan terutama Yang Mulia Sultan Oman dan pejabat yang berwenang di Kesultanan,” sebuah pernyataan singkat oleh Kantor Pers Tahta Suci pada hari Selasa malam, setelah berita tentang pembebasan imam tersebut. “Pastor Uzhunnalil akan tinggal selama beberapa hari di komunitas Salesian di Roma sebelum pulang ke India” Tahta Suci menambahkan.

Penduduk asli Kerala, yang berasal dari provinsi Salesian Bangalore, Pastor Uzhunnalil diculik pada tanggal 4 Maret 2016 ketika empat orang bersenjata tak dikenal menyerang sebuah rumah perawatan di kota pelabuhan selatan Yaman, Aden, menewaskan 16 orang termasuk empat suster Misionaris Cinta Kasih Bunda Teresa.

Pastor Tom telah bekerja lebih dari empat tahun sebagai imam di rumah perawatan. Ada sekitar 80 orang ada di rumah pada saat serangan. Hampir sebulan setelah penculikan tersebut, Paus Fransiskus meminta pembebasan semua orang di daerah konflik, termasuk Pastor India tersebut.

Dengan harapan yang diberikan oleh Kristus Yang Bangkit, saya memperbarui permohonan saya untuk membebaskan semua orang yang ditangkap di wilayah konflik bersenjata: khususnya, saya ingin mengingat imam Salesian, Tom Uzhunnalil, yang diculik di Aden di Yaman, pada tanggal 4 Maret yang lalu, “kata Paus setelah doa siang hari Reginateli di Vaticantide pada Vatikan pada tanggal 3 April 2016.

Di-update halaman resmi Media sosial Facebook Radio Vatikan, bahwa Pastor Tom telah diterima Paus Fransiskus dalam audiensi pribadi pada Rabu, 13 September 2017.

Foto-foto Pastor Tom dan Paus Fransiskus (sumber: Facebook Radio Vatikan):

tom6

tom5

tom4

tom3

tom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *