Pengurus Pemuda Katolik Kepri Dilantik, Tanggungjawab Besar Proses “Reborn”

Batam-BerkatNews.com. Setelah melalui proses-proses konsolidasi internal, akhirnya pada Sabtu (17/11), bertempat di The Centro Hotel-Batam, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau secara resmi dilantik. Hadir dalam pelantikan Stefanus Asat Gusma, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi & Keanggotaan PP Pemuda Katolik, RD. Laurensius Dihe Sanga (Seksi Kerawam Kevikepan Kepri), Unsur Pemerintah; Bpk. Amsakar Achmad (Wakil Walikota Batam), Bpk. Nuryanto (Ketua DPRD Kota Batam), Haripinto Tanuwidjaja & Djasarmen Purba (DPD RI Provinsi Kepri), para sahabat Ormas Kepemudaan; KNPI, Ansor/ Banser, GAMKI, GMKI, PMII, sahabat internal Gereja; Seksi Kerawam Paroki, OMK, KKPPMP-Kepri, para Caleg Katolik, dan seluruh komponen organ Pemuda Katolik. Acara ini juga disatukan dengan perayaan syukur Tujuh Puluh Tiga (73) tahun Pemuda Katolik hadir di bumi nusantara.

Sahabat Stefanus Asat Gusma dalam sambutan menekankan kepada kader Pemuda Katolik untuk terus melakukan konsolidasi baik internal maupun eksternal. “Khususnya dalam konsolidasi eksternal, Pemuda Katolik harus membangun aliansi permanen bersama ormas kepemudaan lain, agar semangat persatuan pemuda yang bhinneka dapat terus disuarakan“,  tegas Gusma.WhatsApp Image 2018-11-17 at 7.28.28 PM

Wakil Walikota Batam, Bpk. Amsakar Achmad berpesan kepada para pemuda sebagaimana di tanah melayu telah terawat toleransi untuk terus merawatnya demi Kepri yang maju.

Ketua Komda Kepri yang dilantik sahabat Johanes SM Sitohang (Joe) dalam pidatonya memberi penekanan pada bagaimana proses perjuangan melahirkan kembali (reborn) Pemuda Katolik di Bumi Melayu. “Pemuda Katolik di Kepri saat ini mungkin memang belum bisa berbuat banyak karena kita sedang berada dalam fase melahirkan kembali (reborn). Untuk itu kami akan fokus pada penguatan dan konsolidasi internal, namun tetap tidak melupakan tugas-tugas dan tanggung jawab sosial dilingkungan masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu kami sangat butuh masukan dan motivasi serta kontribusi-kontribusi konstruktif dari seluruh elemen masyarakat Kepri, baik itu dari para Pegiat OKP, Pemerintah, Tokoh, masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan kelompok-kelompok paguyuban lainnya agar kita membangun sinergi yang positif untuk senantiasa bekerjasama berbuat hal-hal yang sifatnya konstruktif dan berdampak pada kehidupan masyarakat Kepri…” demikian Joe dalam sambutannya.

Acara pelantikan berjalan dengan lancar dan diikuti peserta dengan khidmat. Setelah Sekretaris Komda Kepri, Hendrikus Uring membacakan susunan pengurus, sahabat Gusma melantikan dan menyerahkan pataka Pemuda Katolik kepada Joe Sitohang.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 7.27.56 PMPemotongan tumpeng syukur Dies Natalis 73 Pemuda Katolik dilakukan setelah pelantikan, yang langsung dilanjutkan dengan dialog dan konsolidassi internal. Sahabat Darwin Sitanggang, Kabid OKK Komda Kepri me-moderatori diskusi internal memberikan kesempatan kepada kader untuk bertanya dan berpendapat. Diskusi berjalan hangat dengan penekanan proses reborn Pemuda Katolik. “Ada 10 orang langsung Mapenta, jangan tunggu lama, karena Ormas itu harus dilihat berapa masa yang kita punya…“, tegas Gusma, yang juga aktif dalam Kerawam Keuskupan Agung Jakarta.

Bapak Herman Simbolon, anggota Dewan Pembina Pemuda Katolik Komda Kepri, yang juga Wakil ketua Kadin Batam turut memberikan semangat kepada kader muda Katolik untuk terus berjuang menjadi garam dan terang. “Saya siap bersama kader dalam aktivitas sosial kemasyarakatan… membangun jaringan dengan berbagai unsur pemerintah, politik, maupun pelaku usaha…“, janji Herman.

Joe menutup rangkaian acara dan diskusi dengan pesan untuk terus melakukan konsolidasi, memperkuat jaringan internal dan eksternal, sembari melakukan persiapan-persiapan untuk mengikuti Kongres Nasional Pemuda Katolik pada bulan Desember mendatang.*


costmust/BerkatNews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.