Penutupan Bulan Rosario Kota Batam di Paroki St. Hilarius, Pater Kris, SVD: “Siapakah Kami ini Hingga Ibu Tuhanku Rela Mengunjungi Kami”

siska
Laporan Francesca (Tim Ziarah Galang)

Bida Ayu-BerkatNews.com (31/10/2016 14.00 WIB). Walau baru berjalan dua tahun, namun antusiasme paroki-paroki di Batam begitu luar biasa dalam menyambut Arca Maria Galang. Minggu 30 Oktober 2016, bertempat di Paroki bungsu, St. Hilarius, Bida Ayu adalah minggu terakhir safari prosesi dan visitasi Arca Maria Galang sekaligus menutup Bulan Rosario.

Minggu pagi hari itu tepatnya pukul 07.00 perwakilan umat paroki MBPA, Batuaji berkumpul untuk menghantar Arca Maria Galang yang telah satu minggu bertahta di Gereja pusat. Setelah ibadat singkat, Arca mulai disiapkan menaiki mobil bak terbuka menuju Gereja St. Filipus, Bida Ayu.

Tak kurang dari 2000 umat menyambut Arca Maria Galang, umat menyemut sampai ruas jalan menuju gedung gereja. Bunda Maria diterima Pastor Kepala Paroki St. Hilarius, RP. Krisantus Ratu, SVD. “Siapakah kami ini, hingga ibu Tuhanku rela mengunjungi kami…” demikian Pater Kris mengungkapkan rasa syukurnya mewakili seluruh umat Paroki baru ini.

Penyambutan hangat dilanjutkan dengan Ekaristi, dipimpin Vikjen Keuskupan Pangkalpinang RP. Nugroho Krisusanto, SS.CC., didampingi beberapa imam konselebran: Vikep Kevikepan Utara, RD. Fransiskus Xaverius Tatu Mukin, Pastor Paroki St. Hilarius, Bida Ayu, RP. Krisantus Ratu, SVD, Pastor Paroki St. Damian RP. Cornelis Arundati Gaga, SS.CC, dan RD Chrisantus Paschalis Saturnus.

Melalui Prosesi perarakkan yang telah dilakukan selama bulan Rosario ini Bunda Maria telah mempersatukan seluruh umat di Batam,  di setiap minggunya kunjungan visitasi ke paroki-paroki disambutan hangat oleh umat, ini membuat perasaan haru dan sukacita yang luarbiasa. Banyak umat yang terlibat dalam seluruh rangkaian prosesi perarakkan arca Bunda Maria Galang, baik sebagai anggota koor, mesdinar petugas pengangkat arca Bunda Maria, petugas pembawa vandel, petugas pembawa bunga, ibu-ibu dekorasi bunga, para penari dan pemusik, dan seluruh petugas yang mendukung kelancaran acara prosesi, semua bersatu padu ikut mempersiapkan di setiap minggu.

Seperti diungkapkan oleh Vikjen Keuskupan Pangkal Pinang RP. Nugroho, SS.CC, “Prosesi ini adalah tahun ke 2 dan pasti akan ada tahun ke 3 dan seterusnya sehingga akan menjadi budaya yang merupakan aset bagi kota Batam, sebagai suatu destinasi rohani peziarah…

Pastor paroki St. Hilarius, Pater Kris, SVD dengan antusias mengatakan bahwa umat di paroki St. Hilarius siap terlibat dalam karya pembangunan tempat ziarah di pulau galang ini, di mana tempat ini memiliki nilai iman yang luarbiasa.

Paroki St. Hilarius diresmikan tanggal 9 Oktober  yang lalu dan sebagai paroki termuda di Kepulauan Riau. Walau usianya belum satu bulan, namun umat di paroki ini sangat kompak dan bersemangat, terlihat saat Persiapan melibatkan banyak orang dan semua bekerja dengan sukacita tampak wajah-wajah gembira, umat bekerja sama.

Karena tangan yang terampil, pikiran yang jernih dan hati yang terbuka dan pertolongan Bunda Maria maka hari ini semua dapat terjadi dan berjalan dengan baik, semoga kebersamaan hari ini menjadi langkah yang baik untuk perjalaan Paroki St. Hilarius ke depan” ungkap Parokus St. Hilarius.

Hal tersebut di-amini oleh panitia Penyambutan Arca Maria Galang yang juga Koordinator PIPA (Pangkalpinang Integral Pastoral Approach) Paroki St. Hilarius Getman Joseph Mulatua Nababan ketika dihubungi BerkatNews.com, “Bersyukur sekali, sempat kawatir juga terutama soal cuaca, seminggu ini Piayu city hujan, bangga juga, paroki bungsu diberi tugas yang lumayan berat dalam waktu singkat & bisa menyelesaikannya…“. Ia juga berharap kedepan umat tetap semangat dalam berdevosi kepada Bunda Maria, dan harapannya selalu Koordinator PIPA, “Selaku koordinator PIPA juga, semoga kebersamaan dalam melaksanakan acara ini bisa menjadi pertanda baik bagi perjalanan paroki ini ke depannya…“.

Hal senada juga disampaikan Bpk Yohanes Tanel, salah seorang umat yang sudah lama jadi pengurus di Stasi Bida Ayu kala itu, “Acaranya berjalan dengan lancar, kami terharu mendapat kunjungan Bunda Maria, siapakah kami ini hingga Ibu Tuhan datang mengunjungi kami…“.

Seorang bruder dari Jogjakarta, Bruder GA. Mantardja Hari Sukata, FIC, sengaja datang ke Batam untuk itu prosesi ini. “Tahun lalu saya mengunjungi lokasi Ex.camp Vietnam di pulau Galang dan ke lokasi tempat rencana di bangunnya ziarah Galang, tempat ini akan menjadi tempat ziarah yang luarbiasa dan saya terpanggil untuk kembali ke Batam ini diundang oleh Bunda Maria“, seraya menceritakan pengalaman iman yang dialaminya selama kunjungan tersebut.

Saat ini Tim Ziarah Galang telah menyelesaikan 75% dari rencana pengembangan yang telah direncanakan. Tahap berikutnya adalah pembangunan Plaza Doa Maria, untuk semakin membuat nyaman peziarah.

Selamat berdevosi kepada umat St. Hilarius, Terimakasih atas kerjasama dan kerjakeras yang telah dilakukan…

Ta on Duc Me

Foto Dok.

dsc_1480

 _mg_8835

_mg_8838

_mg_8905

_mg_8915

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-13-29-am

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-23-30-am

_mg_8988

_mg_9092

dsc_1565

img_0903

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-13-31-am

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-13-32-am

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-23-33-am

whatsapp-image-2016-10-31-at-12-23-41-am


Editor : [costmust/BerkatNews.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *