Warga Jalanan Jakarta Buka Puasa Bersama Saint’Egidio dalam Warna Cinta

Jakarta, BNC–Sore itu, Minggu 26 Juni 2016, awan di kota Jakarta terlihat mendung. Tetapi di kompleks SMU St Maria diliputi suasana sukacita marhaban ya ramadhan. Sebab di kompleks itu, Komunitas Saint’Egidio Indonesia bersama 80 an volunteer melayani tigaratusan warga jalanan kota Jakarta untuk berbuka puasa.

Mereka datang ke kompleks persekolahan milik Suster-suster Ursula itu dengan mengendarai belasan mobil metromini dan kopaja.

“Semua karena cinta” adalah isi syair sebuah lagu yang dijadikan prolog acara bermuatan harmoni itu. Selaras dengan harmoni nada-nada yang dilantunkan vocal group KSE itu, rombongan warga jalanan ibukota itu pun dengan antrean rapih mereka memasuki ruangan aula dan langsung duduk bersila berdasarkan kelompok.

Seperti dilansir katoliknews.com, duapuluh menit sebelum waktu azan maghrib, Ustadz Komarudin dari Masjid Darusalam Senen Jakarta, memberi siraman rohani. Kepada ratusan jemaah itu, Ustadz mengharapkan agar bulan Ramadhan dijadikan kesempatan bersyukur dan mencintai kebersamaan. “Kita diajak oleh panitia kegiatan ini untuk mendapatkan berkah. Berkah keharmonisan di antara kita,” ujar Ustadz yang mengaku sudah dulupuluhan tahun menjadi Ustadz itu.

Sedangkan salah seorang dari warga jalanan yang namanya tidak disebutkan mengakui, acara buka puasa seperti itu tiap tahun dilaksanakan. “Kami saling mendoakan, agar panitia juga sehat dan banyak berkah dan kami pun tetap menjadi saudara bagi mereka,” ujarnya.

Sedangkan Tanny, salah seorang anggota KSE mengakui ada berkat Tuhan yang luar biasa. “Sebab tahun ini, begitu banyak donatur yang mengulurkan kasihnya untuk membagikan berkat kepada sesama kita,” ujar Tanny. “KSE tidak membayangkan kebaikanNya sedasyat ini,” pungkasnya.

(fadli/sumber : katoliknews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *