Berpulangnya Romo “Abang” Adbauw

Tanjungpinang-BerkatNews.com. Menyebut nama Romo Frans Adbauw Odjan, Pr, siapapun umat di Keuskupan Pangkalpinang, tidak merasa asing dengannya. Namun, tiba-tiba ada kabar tidak elok tentangnya dari Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSMT) Tanjungpinang melalui Romo Sekjend Keuskupan, Romo Ludgerus Oke.

“Rekan Imam yang terkasih, saya baru dapat info dari RD Pramodo bahwa Romo Frans Atbaw sedang menjalani rawat intensif di RSAL TjPinang,” tulis Romo Oke di whatsap group Imam Papin. “Dokter memberikan info medik bahwa beliau sesak nafas dan pembengkakan di kaki,” sambung Romo Oke lagi.

Romo Oke yang meneruskan informasi Romo Pramodo itu, juga mengatakan akan ada beberapa tindakkan medik mendesak yang dilakukan sambil menunggu kondisi lebih stabil.

“Mari kita doakan moga proses medik untuk romo Adbaw berjalan lancar dan memberikan hasil yang baik. Kita doakan juga romo Pram dan Rm Yohan yang terus bergantian berjaga, moga mereka tetap bugar,” pungkas Romo Oke

Selang beberapa waktu, Romo Pramodo mengabarkan bahwa ia kondisi Romo Adbauw yang biasa disapa Romo “Abang” itu kritis dan mendapatkan pelayanan Sakramen Perminyakan.

“Saya, Romo Yohan dan Yunni Adbauw, adik Romo Adbauw sedang berjaga,” tulis Romo Pramodo. Imam yang lainnya pun terpantau terus berjaga dan memberi perhatian melalui WAG Imam Papin.

Lantas, pada jam 01.55 WIB, Romo Pramodo mengirim pesan lagi di WAG Imam Papin. “Mgr dan para Romo, Romo Adbauw telah tiada,” kata Romo Paroki Tanjungpinang ini.

Sebagian besar para Romo yang menyampaikan pesan dukacita di WAG Imam Papin, memanggilnya Abang.

Menanggapi itu, Romo Provinsial SS.CC Indonesia juga turut memberikan ucapan dukacitanya untuk berpulangnya Romo Abang. “Bpk uskup dan rekan2 imam sekeuskupan Ppinang, kami atas nama keluarga besar SS.CC turut berdukacita atas meninggal nya rm Frans Adbaw. Mat jalan abang, bahagia bersama para kudus dan para malaikat di surga,” ungkap Romo Provinsial SS.CC, Romo Bonifasius Payong, SS.CC.

Sedangkan Romo Vicarius Episkopal (Vikep) Kepri, RD Frans Mukin, merasa kepergian Romo Abang begitu mendadak.

“RIP P. Adbaw, demikian tiba-tiba kepergianmu. Berbahagialah bersama Para Kudus di Surga,” ungkap Romo Frans Mukin. (Stefan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.