Home BERITA 92 Tahun Paroki Katedral St. Yosef dan 25th Imamat Romo Beni

92 Tahun Paroki Katedral St. Yosef dan 25th Imamat Romo Beni

by Stefan Kelen

Pangkalpinang, BerkatNews.com—Pada hari Selasa tanggal 1 Mei 2023,Β  Gereja Paroki Katedral Santo (St) Yosef Pangkalpinang, dipadati umat. Umat itu tidak hanya dari kota Pangkalpinang, tetapi mereka datang dari wilayah-wilayah, atau stasi.Β  Memang hari itu, mereka hadir untuk bersukacita bersama merayakan HUT Paroki. Paroki yang berlindungkan St. Yosef pekerja ini sudah berusia 92 tahun.

Lantas, dalam perayaan Ekaristi itu, diberlangsungkan juga misa Pesta Perak Imamat Romo Bernardus Somi Balun. Romo Beni, begitu ia disapa, selainΒ  sebagai Delegatus Tribunal Keuskupan Pangkalpinang, ia juga adalah rekan imam yang bertugas di paroki ini.

Hal yang unik dari perayaan ekaristi ini adalah dengan tema etnis. Koor dan para petugas liturgi mengenakan busana khas sukunya masing – masing : Tionghoa, Flores, Batak, dan Jawa. Lagu–lagu misa yang dikumandangkan juga bernuansa etnis, dari lagu pembukaan hingga lagu penutup.

Pada awal perayaan Ekaristi, para ketua wilayah dan KBG mengarak vandel yang berlogokan Santo dan Santa pelindung KBG dan Wilayah. Perayaan Ekaristi berjalan sangat lancar dan juga disiarkan langsung oleh komisi komsos lewat chanel youtubenya. Perayaan Ekaristi dipersembahkan langsung oleh jubilaris hari ini yaitu Romo Beni, dan dihadiri juga oleh rekan–rekan imam dari luar paroki di Pangkal Pinang. Dalam khotbahnya, Romo Beni menjelaskan sedikit mengenai semangat St. Yosef yang hendak dicontohi oleh umat, yaitu : bekerja dalam diam tanpa banyak berkata dan dalam bimbingan Tuhan sendiri.

Usai perayaan Ekaristi, acara ramah tamah dilanjutkan di halaman gereja, dan masih dipadati dengan sukacita umat sebagai gereja partisipatif. Dalam acara ramah tamah, berbagai macam penampilan dipersembahkan, mulai dari tarian oleh komunitas suster KKS dan persembahan pentas lain dari wilayah Stasi. Yang tak pernah ketinggalan adalah acara potong tumpeng. Ramah tamah diakhiri dengan joged bersama yang mengikat persaudaraan.

Dalam Peziarahan gereja katedral St. Yosef, telah melahirkan empat wilayah Stasi : St. Yohanes pembaptis – Batu Rusa, Hari Kudus Yesus – Mesu laut, St. PetrusΒ  Kampung Jeruk, dan St. Yoakim Pangkul.

Keempat wilayah atau stasi ini juga sedang berziarah bersama umatnya dalam pengembangan iman sesuai visi misi keuskupan dan berpusat dengan tiga bintang utama. Saat ini, gereja St. Yosef digembalakan oleh RD.Yustinianus Ta’Laleng Wayang, sebagai kepala paroki, Bersama sang jubilaris RD Beni Balun, dan rekan imam lainnya RD Yos Anting, yang sebelumnya bertugas di rumah retret Puri Sadhana–Cambai. (fadli)

Romo Beni bersama dengan umat (ft :FB Umat)

Reporter : Vincenso Risen

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.