Jambore Hari ke 3: “Roh” Mgr. Hila Hadir Menyapa Remaja

Batam-BerkatNews.com. Di hari ketiga Jambore, tepatnya malam, Kamis, 30 Juni 2016, suasana berubah menjadi sunyi. GOR Yos Sudarso yang dijadikan Aula Utama Jambore mendadak gelap, hanya ada terang beberapa lilin yang sengaja di tempatkan panitia di beberapa sudut. Malam ini panitia membawa peserta untuk mengenang Uskup yang mereka rindu, yang mereka sayangi Mgr. Hila yang telah pergi ke pangkuan Bapa 2 bulan yang lalu.

Diawali dengan drama Kisah Hidup Mgr. Hila, peserta dibawa hanyut membayangkan di masa itu, ketika Gembalanya dipanggil Tuhan untuk menjadi imam. Tidak sampai disitu saja, drama berlanjut hingga tugas dan penggembalaannya di Keuskupan Pangkalpinang. Jatuh bangun Mgr. Hila dalam menggembalakan umat Keuskupan Seribu Pulau disajikan dengan apik.

Tak sedikit mata peserta dan Pembina berkaca-kaca menyimak drama itu. Pantun dan lagu bertemakan Mgr. Hila terus menggema, dan semakin kuat menggema di seluruh ruangan. Di akhir sesi, panitia telah menyiapkan slide jejak sepak terjang sang Uskup dalam mendukung Jambore Remaja.

Mulai dari Jambore I di Rempang Galang tahun 2010; momen sakral saat itu ketika Remaja MENG-IKRARKAN MGR HILA ADALAH SOSOK YOHANES MARIA VIANNEY MASA KINI. Lagu Maria Vianney yang menjadi theme song Jambore Remaja I saat itu tiba-tiba saja digubah syairnya oleh ribuan remaja ketika menyambut kedatangan Uskup mereka, Mgr. Hila memasuki bumi Jambore. Bagi remaja missioner, setelah berbulan-bulan mendalami bahan tentang Santo Yohanes Mariae Vianney, akhirnya mereka menemukan sosoknya dalam diri Mgr. Hila…

Dukungan Uskup Seribu Pulau tak sampai di situ, berikutnya pada Jambore II (2012) di Teluk Dalam, Tanjungpinang, Sang Uskup kembali menyapa dengan sangat antusias. Berikutnya pada Jambore III (2014) di Sei Bati, Tanjungbalai Karimun pun beliau semangat menyapa remaja.

Dan kini, apa yang ia tanam dengan bercucurkan air mata ia tuai dengan sorak sorai, Monsinyur, ia melihat dari Surga, masa depan Gereka Lokal Pangkalpinang yang gemilang. Visi sudah ia tetapkan, fasilitator sudah ia siapkan, calon imamnya tumbuh subur. Gereja Partisipatif impianmu akan segere terwujud dan bercahaya.

(costmust). Foto Credit : RD. Yustin

13510979_10206877395193654_6291809095081051146_n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.