Peringati Sumpah Pemuda, Pemuda Katolik Batam Selenggarakan Upacara dan Dialog Pemuda

Batam-BerkatNews.com. Momentum 90 tahun Sumpah Pemuda tidak disia-siakan oleh Pemuda Katolik Cabang Batam. Agenda pagi hari diawali dengan Gotong Royong bersih-bersih Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, Batuaji-Kota Batam. Acara dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Tabur Bunga untuk mengenang jasa para pahlawan, terutama para Pahlawan Pemuda Indonesia. Hadir dalam kegiatan ini para sahabat GP Ansor dan Banser Batam. Bertindak sebagai pembina upacara Ketua Komisariat Anak Cabang Pemuda Katolik Sagulung, sahabat Nimrod Siahaan dan Pemimpin Upacara sahabat Dhany Handoyo dari Banser Ranting Tembesi.

Dalam amanat, sahabat Nimrod mengingatkan para kader untuk benar-benar memaknai arti penting Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia:
“Marilah kita sungguh-sungguh memegang teguh sumpah kita tersebut, menjadi  pengikat kita dalam membangun negeri kita tercinta ini di tengah tantangan situasi saat ini. Dunia telah berubah, kita hidup di era kemajuan teknologi informasi dengan berabagai tantangannya sendiri. Saya mengajak kita semua, untuk tetap menghidupi semangat Sumpah Pemuda dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan masa kini. Kita sudah selesai dengan identitas kita sebagai Bangsa Indonesia, saatnya sekarang membangun negeri tercinta ini maju kedepan. Perbedaan kita adalah kekayaan kita, kekuatan kita…”.

WhatsApp Image 2018-10-28 at 12.32.44 PMSetelah upacara dilanjutkan dengan ziarah tabur bunga di pusara para pahlawan yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang. Upacara tabur bunga diawali dari sahabat Charles Sianturi selaku Wakabid UKM Komda Kepri, Naro Situmorang (Ketua Komcab Batam), dilanjutkan Bapak Herman Simbolon (Kerawam Paroki MBPA), para sahabat Ansor/Banser, para ketua Komac dan peserta yang hadir.

Setelah acara tampak kekompakan antara anggota Pemuda Katolik dan sahabat GP Ansor/ Banser sembari menikmati kopi dan snack ringan yang telah disediakan.

Tidak lama setelah acara di Taman makam Pahlawan acara dilanjutkan dengan Dialog Pemuda dengan tema “Pemuda dalam tantangan Revolusi Industri 4.0 dan Tahun Politik 2019”. Acara diselenggarakan bekerjasama antara Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Batam, Pemuda Katolik Batam dan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Batam di Golden Land Batam Centre.

WhatsApp Image 2018-10-28 at 6.34.47 PMSahabat Naro Situmorang, Ketua Pemuda Katolik Komcab Batam dalam sambutan mewakili OKP mengingatkan para pemuda tentang makna Sumpah Pemuda dan bagaiamana tantangan para pemuda sekarang menghadapai era revolusi industri 4.0. Untuk menjawab pertanyaan ini dihadirkan dalam dialog interkatif Ketua KADIN Batam, Bapak Jadi Rajaguguk, Pengusaha Muda Elimasyah Hia, anggota DPD Haripinto Tanuwidjaja, dan Rikson Tampubolon (Ketua GAMKI Batam). Dialog dipandu sahabat Roy Chardo Sitanggang, Wasek Internal Pemuda Katolik  Komda Kepri.

Bapak Haripinto mengawali dengan bagaimana itu konsep revolusi industri 4.0 dan tantangannya bagi dunia bisnis mendatang, yang juga diperdalam kembali dalam pemaparan iklim ekonomi yang diberikan Bapak Jadi Rajaguguk.

WhatsApp Image 2018-10-28 at 7.59.08 PMAcara dialog berlangsung sangat interaktif, terutama terkait bagaimana para pemuda memiliki pasion untuk membuka sebuah usaha mandiri.

Sementara itu dalam closing statement Pengusaha Muda Batam Elimasyah Hia memberi empat tips bagi para pemuda yang sudah atau akan terjun ke dunia enterpreneur: Pertama adalah Trust, artinya menjadikan diri dapat dipercaya, kedua Focus, artinya harus fokus pada usaha apa yang akan digeluti, ketiga Target, artinya harus ada target-target yang bukan biasa tetapi target yang luar biasa dan penutup adalah Lets God do the rest, artinya sebagai orang beriman menyerahkan segala usaha kita kepada Tuhan.

Sebelum dialog tentang tatangan pemuda dalam revolusi industri 4.0, diawali dengan paparan membangun kesadaran politik para pemuda  bersama anggota Bawaslu, KPU Kepri, Pemuka Agama dan dari Polda Kepri. Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepri, Widiyono Agung Sulitiyo yang sekaligus narasumber dalam kegiatan ini menegaskan peran pemuda sangat dibutuhkan dalam Pemilihan Umum (Pemilu)  2019 mendatang. “Pemuda di Kepri kurang lebih mencapai 260 ribu pemilih dari kalangan pemuda di Provinsi Kepri…” tegasnya.

WhatsApp Image 2018-10-28 at 7.59.09 PM


costmust/BerkatNews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *