Sukses Mapenta di Batam Barat, Pemuda Katolik Kepakkan Sayap di Tujuh Kecamatan Sisanya

Sukajadi – BerkatNews.com. Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kota Batam kembali mengadakan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Musyawarah Komisariat Anak Cabang (Muskomac) di tujuh kecamatan yaitu : Batu Ampar, Bengkong, Lubuk Baja, Sekupang, Batam Kota, Nongsa dan Sei Beduk. Sebelumnya telah sukses di wilayah Batam Barat yang meliputi tiga Kecamatan: Sagulung-Batuaji-Galang.

Berita terkait: Pemuda Katolik “Reborn”; Mapenta Sukses Kecamatan Sagulung-Batuaji- Galang

Gabungan Mapenta-Muskomac dilaksanakan sekaligus di the Centro Hotel Sukajadi pada Sabtu (28/7). Kegiatan kaderisasi organisasi ini merupakan salah satu program kerja Pemuda Katolik Batam untuk menghadirkan Pemuda Katolik sampai ke akar rumput , sehingga per hari ini Pemuda Katolik telah hadir di sembilan kecamatan minus Sei Beduk dengan keputusan ketetapan tambahan.

Pembukaan Protokoler Mapenta dihadiri oleh berbagai unsur undangan baik internal maupun eksternal seperti Pastor Moderator Komcab Batam RP. Richardus Matius Billy, SSCC, DPD WKRI, Kerawam, Sekcam Lubuk Baja, Kapolsek Batam Kota, Perwakilan Camat Nongsa serta para tamu undangan lainnya.

Sahabat Simeon Senang, Sekretaris Komcab Batam dalam sambutannya mengatakan bahwa “Saya optimis Pemuda Katolik di Kota Batam akan tumbuh kembang dengan baik dan melakukan aktivitas organisasi tanda ada dan hidupnya Pemuda Katolik meskipun masih banyak kekurangan di sana-sini “.
Sedangkan Pastor Vikep Kevikepan Utara yang diwakili oleh Rm. Laurensius Dihe Sanga, Pr dalam sambutannya menegaskan tentang eksistensi dan jati diri Pemuda Katolik sebagai kader Gereja dan Negara. Perwakilan camat Batam Kota dalam sambutannya sekaligus membuka acara Mapenta menyambut baik kehadiran Pemuda Katolik dan sangat kagum kekompakan kader-kader Pemuda Katolik.

Usai Materi Kristianitas di bawakan oleh Romo Richardus Matius Billy ,SSCC. Sejarah Pemuda Katolik disampaikan oleh Sekretaris Komda Propinsi Kepri, Sahabat Hendrikus Uring, Kewirausahaan Fandi Iood seorang Pengusaha dan Pengurus Kadin Kota Batam. Materi Wawasan Kebangsaan oleh Senator DPD RI Bapak Djasarmen Purba, SH.

Usai Materi Mapenta peserta calon anggota baru sekitar 70-an anggota dikukuhkan menjadi anggota sah Pemuda Katolik oleh Sekcab Batam, Simeon Senang. Pada tahap akhir yaitu Muskomac, sidang pleno pemilihan ketua masing-masing kecamatan.

Hampir seluruh kecamatan di Kota Batam telah lahir embrio-embrio kader Gereja. Memang dari segi jumlah masih harus lebih bekerja keras lagi melakukan perekrutran. Ormas Pemuda Katolik diharapankan juga mampu menjadi  ongoing-formation bagi Orang Muda Katolik (OMK); sebagaimana telah menjadi rekomendasi Sinode II dalam kerasulan kaum muda:

Mempersiapkan kaum muda untuk terlibat aktif dalam kehidupan menggereja dan KBG dan siap untuk masuk ke aneka bidang kehidupan sosial dan politik, melalui pelatihan-pelatihan secara bertahap dan berkesinambungan dengan modul- modul pelatihan yang berkaitan dengan spiritualitas kerasulan awam, kepemimpinan dan panggilan orang muda di tengah Gereja dan masyarakat. Kerasulan kaum awam ini dirasakan semakin mendesak, karena tanpa karya, kegiatan kaum awam Gereja nyaris tidak dapat hadir dan aktif. [MGP Art. 305]

foto dok.

WhatsApp Image 2018-07-30 at 10.31.33 AM

WhatsApp Image 2018-07-30 at 10.31.31 AM

WhatsApp Image 2018-07-30 at 10.31.28 AM

WhatsApp Image 2018-07-30 at 10.33.54 AM


Kontributor: Simeon Senang, Editor costmust/berkatnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.