Home BERITA 155 Umat Paroki Santa Bernadeth Siap Menjadi Saksi Kristus yang Setia

155 Umat Paroki Santa Bernadeth Siap Menjadi Saksi Kristus yang Setia

by Stefan Kelen

Pangkalpinang, BERKATPAPIN—Sebanyak 155 krismawan dan krismawati resmi menerima Sakramen Krisma yang diurapi secara langsung oleh Mgr. Adrianus Sunarko, OFM pada Perayaan Ekaristi Minggu, 3 Oktober 2021 pukul 8.00 WIB di Paroki St. Bernadeth Pangkalpinang.

Perayaan ini dipimpin secara langsung oleh Mgr. Adrianus, Romo Handoko, serta Romo Ferdinandus Meo sebagai Romo parokus St. Bernadeth Pangkalpinang.

Mgr Adrianus saat kotbah pada misa Krisma

Mereka yang menerima Sakramen Krisma sebagai penyempurnaan inisiasi adalah umat yang berasal dari Paroki St. Bernadeth, termasuk 3 stasinya, yakni Lampur, Kerakas, dan Simpang Rimba.

Sakramen Krisma yang kita terima merupakan tanda kedewasaan iman seseorang. Melalui Sakramen Krisma, seseorang dimateraikan oleh Roh Kudus untuk menjadi saksi Kristus.

Mereka yang resmi mendapatkan urapan Roh Kudus itu telah dipersiapkan dengan seksama oleh para pembina selama 3 bulan. Maka dari itu, mereka telah layak untuk menerima Sakramen Krisma.

Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang yang memimpin Perayaan Ekaristi itu pun berkata kepada seluruh umat bahwa perayaan ini sungguh istimewa dan penting bagi kehidupan kita, terkhusus para penerima Sakramen Krisma. Keistimewaan itu dikarenakan oleh penerimaan Sakramen Krisma yang hanya sekali seumur hidup.

Makna Sakramen Krisma yang perlu dipahami oleh mereka yang menerimanya.

Mgr. Adrianus menegaskan bahwa Sakramen Krisma memiliki 3 makna penting. Pertama, lahir baru dan secara sadar menegaskan pilihan kita untuk menjadi pengikut Kristus yang setia, sehingga bukan berdasarkan pilihan orang lain.

Kedua, mendapat karunia Roh Kudus, yang berarti diberi kepercayaan sekaligus anugerah untuk terlibat aktif dalam kehidupan menggereja. Dalam bentuk yang beraneka ragam kita dapat memberikan sumbangan tenaga, pikiran, keterlibatan, dan doa bagi pertumbuhan gereja.

suasana saat umat menerima Krisma dari Bapak Uskup

Ketiga, adalah diberikan tanggung jawab dalam menjadi saksi Kristus di tengah hidup masyarakat. Sebagai saksi Kristus, berikanlah kesaksian dimanapun kita berada bahwa kita adalah pengikut Kristus.

Di akhir perayaan yang suci ini, Bapa Uskup menuturkan ucapan selamat kepada para krismawan dan krismawati.Β  Bapak Uskup yang tahun ini merayakan ulang tahun Episkopal keempat ini, jugaΒ  berharap agar para krismawan krismawti sungguh-sungguh menjadi pengikut Kristus yang setia.

β€œProficiat kepada saudara/i yang telah menerima Sakramen Krisma. Kenangkanlah hari ini dengan sungguh. Sadarlah lebih dalam bahwa dalam kehidupan kita hadir Roh Kudus. Ialah yang membuat kita dapat berelasi dengan Allah. Semoga kalian dapat sungguh-sungguh menjadi pengkikut Kristus yang sejati, aktif terlibat dalam kehidupan menggereja, dan berani dalam memberikan kesaksian di kehidupan sehari-hari, baik di keluarga, sekolah, masyarakat atau tempat bekerja. (***)

Reporter : Odilia Siringo Ringo Β 

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.