Home BERITA KKN STIE Bentara Persada: Upaya Membangkitkan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

KKN STIE Bentara Persada: Upaya Membangkitkan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

by Stefan Kelen

Batam, Berkatnews.com—STIE Bentara Persada sebagai satu-satunya Sekolah Tinggi Katolik di Batam, terus bergerak menjalankan misi. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah sekolah tinggi ini untuk mengabdi kepada masyarakat.

Sebanyak 14 mahasiswa menjadi duta kampus ke tengah masyarakat, tepatnya di Kelurahan Batu Merah. Kelurahan ini terletak di Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam.

Sebagian warga kelurahan (foto : evi)

Mereka boleh disebut β€œduta kampus” karena mereka turun gunung untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke tengah masyarakat. Selain itu, mereka juga belajar menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang muncul selama program Kuliah Kerja Nyata (KKN), bersama masyarakat setempat.

KKN adalah suatu kegiatan intrakulikuler yang memadukan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Keinginan pihak kampus yang pada kesempatan ini dijembatani oleh kepala LPPM STIE Bentara Persada, Dra. Brigida Endah Nuraeni, M.M. Lantas keinginan kampus itu, disambut baik oleh Lurah, Kelurahan Batu Merah, Alim Ridwan, S. Pd.

Lurah Ridwan memberi arahan untuk berkoordinasi dengan Ketua RT 30, RW 06 sebagai fasilitator kegiatan KKN di kelurahan Batu Merah ini. Setelah melalui beberapa penyesuaian, penerjunan peserta KKN dilakukankan pada hari Minggu, 7 November 2021.

KKN dibuka dengan penandatanganan MOU dan penyerahan KKN, yang pada kesempatan ini Ketua STIE Bentara Persada Bentara Persada yang berhalangan hadir diwakili oleh Laurensius Dihe Sanga, S,Fil, M.Hum dan Lurah Kelurahan Batu Merah diwakili oleh Agus Baromana Ketua RT 30, RW 06.

Beberapa program sudah disiapkan oleh para mahasiswa yang menyentuh bidang pendidikan, ekonomi, kerohanian, keterampilan dan kesehatan. Mahasiswa akan berbaur dengan masyarakat sejak hari Minggu 7 November 2021 hingga 5 Desember 2021 nanti. (***)

Evy Puspitosari, Kontributor Berkatnews.com

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.