Liputan Tim Ziarah Galang: Tarian Khas Papua Warnai Penyambutan Arca Maria di Paroki St. Damian, Bengkong

siska
Laporan Francesca (Tim Ziarah Galang)

Bengkong-BerkatNews.com (11/10/2016 10.15 WIB). Safari Prosesi Arca Bunda Maria Galang  telah memasuki minggu ke dua. Setelah satu minggu Arca Bunda Maria ditahtakan di Paroki Kerahiman Ilahi mulai tanggal 2 Oktober lalu, kini Arca Bunda Maria berkunjung ke Paroki St. Damian.

Sejak pukul 16.30 WIB (8/10/2016), umat paroki Kerahiman Ilahi, Tiban dengan antusias telah berkumpul di Gereja untuk turut mengantar Arca Maria ke Paroki St. Damian. Beberapa saat kemudian Pastor Kepala Paroki Kerahiman Ilahi RD. Agus Tupen memimpin doa untuk mengantar Bunda Maria menuju Bengkong.

Akhirnya, bersamaan dengan senja yang sudah mulai menyelimuti bumi, Arca Maria datang menyapa anak-anaknya di Paroki St. Damian. Lilin-lilin putra-putri Maria mampu menghalau gelapnya suasana malam itu, dari jauh sayup-sayup para penari mempersembahkan sembah sujudnya menyambut Sang Ratu Surgawi. Alunan lagu pujian Ave Maria dan untaian mawar doa Rosario oleh umat yang hadir mengiringi tandu Arca Bunda Maria masuk menuju ke dalam Gereja.

Selamat datang bersama Bunda Maria di Paroki kami, kami menyambut dan menerima dengan sukacita kunjungan Bunda Maria dan memaknainya sebagai kunjungan yang penuh rahmat”, sambut RP. Kornelis Aroendati Gaga, SSCC menyambut kunjungan Ratu Imam bersama umat Kerahiman Ilahi.

Semoga dengan Kehadiran Arca Bunda Maria dalam perahu kecil ini yang menggambarkan pengalaman iman para pengungsi Vietnam, dimana mereka meyakini pertolongan Bunda Maria yang menyelamatkan mereka dari kobaran perang saudara dan dari dahsyatnya  gelombang laut,  menghempaskan mereka menuju pulau Galang, juga menjadi spirit bagi umat di paroki St. Damian”, kata  FX. Agus Santoso ketua Acara Bulan Rosario dalam kata sambutan.

Setelah upacara penyambutan dilanjutkan dengan Ekaristi Kudus meriah. Dia akhir Misa dibacakan rangkaian acara dan petugas selama satu minggu.

Salah seorang umat St. Damian, Bpk. Harijadi, adalah salah satu umat yang rutin melakukan visitasi Arca Maria sejak tahun lalu. “Saya sangat bersyukur karena pada kesempatan ini saya masih dapat melakukan visitasi kembali berkunjung dan berdoa, apalagi kali ini saya mendapat tugas untuk membawa vandel saat perarakkan” ungkapnya penuh sukacita. “Saya percaya bahwa Bunda Maria, Bunda Penolong Abadi, akan selalu hadir dalam peziarahan hidup kita dan mendampingi setiap gerak langkah kita untuk mengarungi arus kehidupan yang penuh tantangan ini”, imbuhnya.

Paroki ke tiga yang akan dikunjungi Arca Maria Galang adalah Paroki St. Petrus, Lubuk Baja, Batam pada 16 Oktober 2016. Paroki St. Petrus baru saja merayakan acara puncak syukur 25 tahun pada Minggu, 9 Oktober yang lalu. Kunjungan selanjutnya kemudian ke Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi (23 Oktober 2016) di minggu ke IV dan penutupan rangkaian prosesi Bulan Rosario diadakan di Paroki Hilarius, Bida ayu pada kunjungan ke-V (30 Oktober 2016) yang sekaligus pada kunjungan ini ingin memperkenalkan Paroki baru di Kota Batam.***

Foto dok.

mmps

mmps1

mmps2

mmps3

mmps4

mmps5

mmps6

mmps7

mmps8

mmps61

mmps9

mmps11

mmps12

mmps13

mmps14

mmps15

mmps16

mmps17

mmps18

mmps20


Editor: [costmust/BerkatNews.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *