Pelatihan Nasional AsIPA ke III Bangladesh, Workshop Tentang Komunitas Basis Gerejawi

BerkatNews.com. Bertempat di Dhaka, Bangladesh, 6-11 Juni 2016, diadakan Pelatihan Nasional AsIPA ke III Bangladesh, Workshop Tentang Komunitas Basis Gerejawi. Kegiatan ini terselenggara kerjasama antara Komisi Imam dan Religius (CCP) Konferensi Wali Gereja Bangladesh dan AsIPA Desk FABC.

asipaTema Lokakarya Nasional ini adalah “Sabda Allah adalah Persemaian Komunitas Basis Gerejawi (KBG)”. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman tentang visi Cara Baru Hidup Menggereja (a New Way of Being Church), untuk memberikan kesadaran bahwa KBG menguatkan anggotanya melalui Sabda Allah dan memungkinkan untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk memahami bagaimana KBG memberdayakan kaum awam untuk mengambil bagian dalam Misi Gereja di dunia dan untuk memperdalam Sharing Injil serta cara baru menjadi pemimpin (a new way of being a leader).

asipa1Sebanyak 76 peserta dari total delapan keuskupan di Bangladesh termasuk anggota CCP dan fasilitator. Lokakarya ini difasilitasi oleh anggota tim CCP dengan dua anggota Resource Team AsIPA – Bibiana Joo-Hyun Ro dan Pastor Arthur Pereira. Lokakarya di awali dengan doa mengundang Tuhan dan pentahtaan Kitab Suci. Uskup Agung Patrick D’Rozario csc, Uskup Agung Dhaka, memberikan sesi orientasi. Menyatu dalam lokakarya ini adalah program paparan (exposure) di Paroki Nagori untuk mengunjungi KBG-KBG di paroki ini. Ini adalah pengalaman yang benar-benar baik bagi para peserta untuk belajar dari paroki lain.

Semua aktif berpartisipasi dalam lokakarya lima hari ini. Mereka merasakan lokakarya sangat bermanfaat. Selama workshop ini semua Keuskupan membuat rencana satu tahun kedepan untuk Keuskupan mereka sendiri dan disajikan / di-sharingkan dengan keuskupan lain. Lokakarya ini ditutup dengan Misa syukur pada 10 Juni 2016.

Reported by Fr. Stanislaus Gomes
National Director of CCP, Bangladesh.


Diterjemahkan dari Newsletter “Laity FABC” Edisi Juli-September 2016

[costmust/BerkatNews.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.