Sharing Pelatihan TOT Media Sosial; Menjadi Wartawan Sukacita

40227943_2105454726383339_2473393304088084480_nHaii Orang Muda Indonesia…!!!

Saya Rina Fransiska dari Keuskupan PangkalPinang  mau berbagi atau mensharingkan sedikit pengalaman iman  tentang Pelatihan TOT MEDSOS II  (24-26 Agustus 2018) di Jakarta kemarin yg dihadiri oleh utusan-utusan dari 21 Keuskupan di Indonesia, diantara lain: Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Agung Palembang,Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan PangkalPinang, Keuskupan Sintang, Keuskupan  Merauke, Keuskupan Timika, Keuskupan Agats, Keuskupan Bogor, Keuskupan Surabaya, Keuskupan Denpasar, Keuskupan Purwokerto, Keuskupan Palangkaraya, Keuskupan Lampung, Keuskupan Tanjung Selor, Keuskupan Larantuka, dan Keuskupan Ketapang, dan Keuskupan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh RD. Antonius Haryanto (Sekertaris Komisi Kepemudaan KWI), dan Para Mentor yg yg ahli dalam Pewartaan Medsos (@katolik_vidgram, @letsinspire, @instakatolik, dan @katolik_media)

 Pada pelatihan ini, khususnya para admin Medsos Komisi Kepemudaan setiap Keuskupan belajar dan berbagi ilmu dalam mengembangkan media sosial yang digunakan sebagai media pewartaan. Orang Muda harus bisa menjadi pewarta Sukacita Injil dengan menggunakan Media Sosial. Dengan menampilkan info-info terkini seputar Orang Muda, Gereja dan Iman dengan kreatif dan tidak menebar Hoax.

Dalam kegiatan ini kami para admin Medsos Keuskupan diajarkan cara mendesign gambar, grafik dan video dengan baik dan menarik agar setiap penikmat medsos tertarik dan mengerti isi dari pewartaan yg dilakukan. Oleh karena itu Orang Muda diharapkan dapat menggunakan apa yg mereka miliki dalam tugas dan pelayanan ini sebagai pewarta Sukacita Injil.

Di kegiatan ini kami jg merasakan kebersamaan yg hadir dalam setiap pribadi kami, dimana kami belajar utk bekerja sama dalam kelompok sehingga kami bisa menjadi Pewarta yg baik.

Hal menarik yg saya dapatkan dalam pelatihan ini adalah bagaimana saya bisa menjadi Pewarta yg setia dan berkomitmen dalam tugas dan pelayanan ini, sehingga bisa memberikan dan menyediakan info dan karya yg kreatif tanpa hoax. Dan yg paling penting adalah bagaimana kita bisa berkerjasama dengan teman-teman lainnya yg ada di Keuskupan masing-masing.

Semoga dengan berkembangnya kemajuan Teknologi membuat kita para Orang Muda Katolik bisa menjadi berkat dan pewarta Sukacita yg baik. Jangan pernah takut dengan keterbatasan kita, tapi marilah kita maju bersama dan saling melengkapi. Karena kita BISA.

Mari maju jiwa muda…. Stop penyebaran berita HOAX… Mari wartawan sukacita dan kemuliaan Tuhan… Tuhan Yesus menantimu.*

Rina Fransiska adalah OMK Paroki Hilarius, Sei Beduk, Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *