Sharing Pengalaman dari Batu Rusa, Gereja Partisipatif: Ambil Bagian dalam Perhatian dan Keprihatinan Yesus

Batu Rusa, Katerdral – BerkatNews.com. Ketika ditanya mengenai aksi “membangun rumah anggota yang dilakukan umat di Wilayah Batu Rusa, Bpk Aloysius, ketua KBG St. Petrus, sekaligus sebagai ketua Wilayah, mengisahkan bahwa, aksi itu lahir karena rasa peduli kami sebagai bagian dari KBG yang berpusat pada Kristus melihat kondisi tempat tinggal  Bp.Herryanus Herry dan Bp.Yohanes Yopi, yang kurang layak untuk dihuni.

Proses kesepakatan berawal dari Sharing Injil dan tema yg kami angkat ketika itu adalah “Iman tanpa perbuatan adalah mati”. Dari situ kami merencanakan aksi yang lebih menantang yakni membangun rumah sederhana bagi yang membutuhkan. Untuk itu  kami membentuk panitia kecil dan merencanakan kegiatan ini.

Untuk dapat merealisasikan pembangunan itu kami melalukan beberapa kegiatan.

  1. Kami mengajukan permohan dana ke APP Keuskupan,
  2. Mengupayakan persembahan sukarela dari umat dari tiga KBG yang ada di Wilayah Batu Rusa .
  3. Melakukan beberapa aksi KBG seperti penjualan snack, minuman ringan dan suvenir sperti rosario,dll.

Persyaratan yang kami sepakati adalah  orang tersebut memiliki lahan/tanah  tapi belum mempunyai rumah sendiri atau rumahnya masih terbuat dari dari kayu dan papan dan yang bersangkutan  adalah anggota KBG setempat. Tentu juga KBG tidak menutup kemungkinan bagi umat yang lain.

Pengalaman di atas mengingatkan kami akan Sabda Tuhan dalam Injil Lukas 11, 15-17 : “Lalu kata-Nya kepada mereka: “Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara”.

Anggota KBG adalah sahabat dan saudara satu sama lain, sebagai buah dari persahabatan dengan Yesus. Persahabatan dengan Yesus yang diterima dalam Baptisan dan diteguhkan oleh Rahmat Sakramen Penguatan (Krisma), diwujudkan lewat  ambil bagian dalam perhatian dan keprihatinan Yesus kepada umatNya. Dengan cara ini, KBG mewujudkan diri mereka sebagai Gereja Partisipatif (Modul AsIPA C1) dan Sarana Evangelisasi (Modul AsIPA B6).


Batu Rusa, 19 Maret 2019, Laporan Ketua KBG St. Petrus di Wilayah Batu Rusa. Paroki St Yosep Katedral Pangkalpinang.

foto dok.
kate

katedral1

katedral2

katedral5

katedral6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.