Siapa Sosok Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, Pengganti Uskup Seribu Pulau?

BerkatNews.com(29/6/2017 12.31 WIB). Paus Fransiskus telah menunjuk Provinsial OFM Indonesia, Pastor Adrianus Sunarko, OFM sebagai uskup baru keuskupan Pangkalpinang, menggantikan mendiang Mgr Hilarius Moa Nurak SVD yang wafat April setahun yang lalu.

Mendiang Mgr. Hila dikenal sebagai Uskup Seribu Pulau kadang juga disebut Uskup Samudera. Sebutan itu tak hanya gelar kiasan, tetapi menggambarkan siapa sosok Mgr. Hila. Wilayah Keuskupan Pangkalpinang terdiri dari 2 provinsi yaitu Bangka Belitung (Babel) dan Kepulauan Riau (Kepri). Sebagaimana diketahui dua provinsi ini adalah provinsi kepulauan. Provinsi Kepri sendiri 95 wilayahnya adalah lautan, terdiri dari lebih dari 2.408 pulau. Sejak ditahbiskan pada 1987, Mgr. Hila tak kenal lelah berkeliling dari pulau ke pulau menjangkau seluruh umat kesayangannya, dan menggalakkan Komunitas Basis Gerejawi (KBG) sebagai arah perahu kegembalaannya. Ia aktif dalam kancah Gereja Asia terutama mengimplementasikan visi Gereja Asia hasil Sidang Pleno Uskup Se Asia pada tahun 1990 di Bandung. Ia sendiri belajar AsIPA (Asian Integral Pastoral Approach) sebagai murid di berbagai pusat pastoral untuk membawa keuskupannya menuju Gereja Partisipatif (Participatory Church) yang diimpikannya.

Doa dan harapan segenap umat Keuskupan akhirnya terkabul oleh keputusan Vatikan menunjuk Mgr. Adrianus Sunarko, OFM sebagai pengganti Mgr. Hila. Siapa Mgr. Adrianus Sunarko? Tentu tidak bisa dijawab begitu saja, BerkatNews mencoba menghimpun beberapa kesan tentang Mgr. Adrianus dari bebagai media Katolik yang juga turut “membahas” sosok Minister Provinsial OFM Indonesia ini.

Kantor Berita Katolik Asia, UCANEWS mengutip beberapa komentar: Pastor Vinsensius Darmin Mbula OFM, Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) menyebut Sunarko sebagai sosok yang rendah hati. “Dia orang yang sederhana, sabar, tenang dan bersahaja,” katanya. Pastor Justinus Sudarminta SJ, dosen di Driyarkara mengatakan, Uskup terpilih Sunarko adalah seorang teolog yang cerdas dan baik. Driyarkara kehilangan dosen yang berkualitas,” katanya. Sementara itu, Pastor Ferdinandus Supandri SX, mantan muridnya mengatakan,”Sudah lama saya menunggu kabar baik ini dan ternyata kemudian bisa terealisasi. Dia layak menjadi uskup,” katanya.

Berita Katolik Sesawi.net  pun membahas sosok Fransiskan ini dalam begitu banyak tulisan, diantaranya kesan beberapa orang teman dekatnya: Prof. Bernadette Setiadi – Mantan Rektor Unika Atma Jaya:  menggambarkan sosok Mgr. Adrianus Sunarko sebagai : “Pandai, baik, dan rendah hati.” Romo Amandus Ambot OFMCap – Minister Provinsial Ordo Kapusin Pontianak: “Puji Tuhan. Pangkalpinang sudah punya uskup yang baru.” Romo Darmin Mbula OFM – Ketua MNPK Nasional: “Saya harus belajar rendah hati, banyak senyum dan damai dari seorang Uskup Pangkalpinang: Mgr. Adrianus Sunarko OFM. Beliau adalah sosok yang sederhana, sabar, tenang, dan penuh pengertian.

Sebagai informasi tambahan, Romo Laurentius Sutadi Pr –kini Vikaris Jenderal Keuskupan Ketapang—adalah kakak kandung Mgr. Adrianus Sunarko OFM ini.


costmust/BerkatNews.com

One thought on “Siapa Sosok Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, Pengganti Uskup Seribu Pulau?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *