Home BERITA 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang: Momentum Bersyukur Sekaligus Evaluasi

100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang: Momentum Bersyukur Sekaligus Evaluasi

by Stefanus Lopis

Peringatan 100 tahun ini momentum refleksi sekaligus evaluasi untuk menemukan fokus-fokus pastoral yang nanti diimplementasikan setelah perayaan syukur ini. (RD Martin da Silva, Sekretaris Panitia SC 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang)

Pangkalpinang, Berkatnews.com– GEREJA KATOLIK Keuskupan Pangkalpinang akan genap berusia 100 tahun sebagai entitas gereja yang mandiri pada 27 Desember 2023 mendatang.

Uskup Pangkalpinang Mgr. Prof. Adrianus Sunarko, O.F.M menjelaskan acuan historis yang melatarbelakangi peringatan satu abad tersebut yakni peristiwa 27 Desember 1923 silam dimana saat itu ditetapkan oleh Paus di Roma berdirinya Prefektur Apostolik Bangka Belitung yang di kemudian hari menjadi Keuskupan Pangkalpinang.

Sekretaris Keuskupan Pangkalpinang RD Martin da Silva menyampaikan perayaan akbar 100 tahun Keuskupan Pangkalpinang ini menjadi momentum untuk bersyukur, melakukan evaluasi diri sekaligus kesempatan merefleksikan tiga bintang.

Menurut Romo Martin da Silva, melakukan refleksi dan evaluasi diri ini sangat perlu karena dilatarbelakangi sedikitnya tiga alasan.

Pertama, Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang bersyukur karena telah menerima Kristus sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Yesus menunjukan jalan kehidupan yang benar menuju kehidupan yang kekal melalui Bapa Paulus Tjen On Ngie.

Kedua, Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang bersyukur karena memiliki Allah Tritunggal Maha Kudus.

“Umat Keuskupan Pangkalpinang ini beragam dan karena itu membawa kebiasaan-kebiasaan tertentu, tapi umat selalu menjaga komunio, persaudaraan. Saya memaknai ini merupakan wujud kesatuan Allah Tritunggal yang diteladani umat,” kata Romo Martin dalam dialog ruang tengah Bangkapos, Senin (11/12/2023).

Adapun alasan bersyukur ketiga karena umat Keuskupan Pangkalpinang telah menerima Roh Kudus, yang mengobarkan semangat setiap orang untuk ambil bagian dalam melaksanakan misi.

“Peringatan 100 tahun ini momentum refleksi sekaligus evaluasi untuk menemukan fokus-fokus pastoral yang nanti diimplementasikan setelah perayaan syukur ini,” ujar Romo Martin lagi.

Tiga Bintang

Selain bersyukur, momen 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang ini juga kesempatan merefleksikan Tiga Bintang yakni berpusat pada Kristus, persekutuan atau komunio dan bermisi.

Ihwal berpusat pada Kristus, umat perlu menyadari bahwa hidup kita dijiwai oleh Allah Tritunggal yang sifatnya: murah hati, maha rahim, membawa harapan dan sukacita.

Sabda dan Ekaristi, sejauh mana sabda Allah, doa dan Ekaristi memberi inspirasi tentang perngorbanan; persaudaraan, mengambil keputusan, dan apakah ada pelatihan mendengarkan sabda, doa dan ekaristi.

Kemudian tentang komunio, perlu merenung tentang mendengar, berbicara, dialog, tanggung jawab, kewenangan dan partisipasi, formasi.

Selanjutnya bermisi tentang Allah Tritunggal: murah hati, maha rahim, suka cita, dan pembawa harapan. Bermisi membangun persaudaraan; solider terhadap yang menderita; lingkungan hidup, bermisi pada seluruh subyek pastoral.

Rangkaian Acara

Rangakaian selebrasi acara dimulai dari tanggal 27 Desember 2023 – 1 Januari 2024

Rabu, 27 Desember 2023
Agenda: Komunio bersama remaja dan OMKΒ (usia 10-35 tahun/belum menikah)
Tujuan: bersukacita, komunio, berpusat pada Kristus, peduli dan solider.
Tempat: Wisma Keuskupan
WaktuΒ Β : 08.00 – 15.00 WIB
AcaraΒ Β Β Β : Ekaristi, pentas seni, tukar kado, dan games.

Kamis, 28 Desember 2023
Agenda: komunio bersama Kelompok Kategorial (sekitar 16 kelompok kategorial, termasuk juga ormas danΒ ASN)
Tujuan: Semakin berpusat pada Kristus, semakin berkomunio, dan semakin melaksanakan misi.
Tempat: Wisma Keuskupan
WaktuΒ Β : 15.00 – 20.00 WIB
AcaraΒ Β Β : Puji-pujian, ekaristi, panggung komunio (hiburan), dan penyalaan lilin misi.

Jumat, 29 Desember 2023
Agenda: Komunio bersama orang berkebutuhan khusus: lansia dan disabilitas mandiri.
Tujuan: Mewujudkan suka cita bersama lansia dan difabel dan memulihkan kualitas hidup masyarakat lansia dan difabel agar tetap sejahtera, sehat dan bahagia
Tempat: Wisma Keuskupan
WaktuΒ Β : 08.00 – 12.00 WIB
AcaraΒ Β Β Β : Ekaristi, pemeriksaan kesehatan gratis, dan layanan kesehatan fisik dan mental.

Sore harinya pukul 17.30 WIB komunio untuk karyawan paroki dan keuskupan (terdaftar resmi). Acara: ekaristi, ramah tamah dan hiburan.

Sabtu, 30 Desember 2023
Agenda: Familly Gathering 100 Tahun Keuskupan Pangkalpinang untuk unit karya, mitra, dan Masyarakat sekitar
Tempat: Wisma Keuskupan
WaktuΒ Β : 10.00 – 17.00 WIB
AcaraΒ Β Β : Pemotongan tumpeng, games, hiburan, dan doorprize

Minggu, 31 Desember 2023
Agenda: Perayaan Puncak 100 Tahun Keuskupan untuk seluruh umat
Tempat: Gor Sahabudin
WaktuΒ Β : 10.00 – 15.00 WIB
AcaraΒ Β Β : Ekaristi, launching buku LIM, hiburan, dan doorprize,

Senin, 1 Januari 2024
Agenda: Open House
Tempat: Wisma Keuskupan
Waktu Β : 09.00-selesai

Sekedar informasi, sejak tanggal 27 – 30 Desember 2023 akan digelar bazzar UMKM (Usaha Mikro Kecil menengah) dan expo dari umat, unit karya dan mitra serta expo Seminaris dan Konggregasi Waktu: 08.00 – 21.00 WIB.

Stefanus Hati LopisΒ 

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.