Uskup Hila Resmikan Komunitas Basis Baru di Paroki Katedral Pangkalpinang

Berkatnews.com, Pangkalpinang

Umat yang berdomisili di perumahan Graha Puri, Graha Loka dan GreenLand, tidak lagi menjadi domba kehilangan gembala. Sebab komunio umat ini pada (15/7), mempromulgasikan keberadaannya sebagai komunitas basis baru di wilayah Paroki Katedral. Promulgasi komunitas berpelindungkan St Bonaventura itu, bertempat di aula STMIK Atma Luhur Pangkalpinang .

Bahkan peristiwa ini layak disebut sejarah, sebab misa promulgasi alias peresmian ini, dipimpin sendiri oleh Uskupnya, Mgr Hilarius Moa Nurak SVD. Bishop of The Sea didampingi Romo Frans Mukin sebagai Vikep Babel sekaligus Pastor Paroki Katedral St Yoseph Pangkalpinang.  

Menurut pantuan BN, misa ini tidak seperti biasanya terjadi dalam misa bulanan di komunitas-komunitas lain. Pasalnya, dihadiri oleh beberapa tamu undangan baik para Suster, ketua-ketua komunitas, utusan stasi , dan tigaratusan umat lainnya. Lagipula, koor dalam ekaristi ini di bawakan oleh Stella Maris, , sebuah kelompok koor kondang di kota Pangkalpinang.

Bertepatan dengan moment sejarah itu, person yang mengisi jajaran pengurus komunitas pun dilantik oleh Uskup, hari itu. Usai misa pelantikan itu, ketua komunitas baru ini, Lukas Harry menjelaskan, pengurus komunitas itu akan mengemban tanggungjawabnya selama tiga tahun ke depan.

Lebih lanjut, pria yang kesehariannya menjabat Ketua Yayasan Atma Luhur ini mengaku, komunitas baru yang dilayaninya itu, tak lain adalah pengembangan dari komunitas besar St Paulus dan St Antonius. “Komunitas ini terdiri dari 30 kepala keluarga”, ungkap Lukas Harry kepada BN. 

Dan ke depan, Lukas Harry bersama jajaran pengurus komunitas menjadikan metode ASiPA sebagai  program wajib. “Tujuannya untuk melatih dan memberdayakan para fasilitator

Uskup mau ‘turun langsung’, fokus pada KBG

Aksistensi episkopal seorang Uskup selama ini, biasanya dilakukan berkaitan dengan pelayanan sakramen krisma, tahbisan dan lain-lain. Tetapi kali ini, Uskup hadir sendiri dalam misa peresmian komunitas baru. Sehingga tak salah bila, Vikep Babel, Romo Frans Mukin menyebutnya, sebagai peristiwa yang jarang terjadi.

“Sesekali Bapak Uskup ingin berjumpa dengan komunitas-komunitas, terutama komunitas baru ini“, ujar Romo Parokus Katedral ini. Sebab menurutnya, supaya Uskup mengetahui kondisi-kondisi di komunitas secara langsung. Selain itu bagi Romo parokus, peresmian komunitas baru di paroki Katedral juga merupakan peristiwa langkah. “Maka kesempatan ini sepatutnya menjadi rahmat bagi komunitas baru ini, karena para status komunitas dan pengurusnya diresmikan dan dilantik sendiri oleh Bapak Uskup“, jelas Romo Frans.

Sedangkan Bapa Uskup sendiri mengakui sangat senang karena diajak oleh Romo Frans untuk turun sendirimeresmikan komunitas itu.  “Saat ini di pikiran serta hatiku, hanyalah fokus kepada komunitas Basis Gerejawi“, aku Mgr Hila. “Dan saya mengharapkan komunitas ini dan komunitas lainnya bisa berubah dan berbuah“, harap Uskup kepada umat.

(Agnes Yulia/st4n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.