Home BERITA Instruksi KETUM ke Pemuda Katolik Babel: Perkuat Kolaborasi dan Konsolidasi

Instruksi KETUM ke Pemuda Katolik Babel: Perkuat Kolaborasi dan Konsolidasi

by Stefanus Lopis

Kekuatan Pemuda Katolik adalah Kolaborasi.

Pangkalpinang, Berkatnews.com– Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Pemuda Katolik Indonesia, Stefanus Asat Gusma, menginstruksikan dua hal penting kepada Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni memperkuat kolaborasi dan konsolidasi.

Arahan tersebut disampaikan Ketum Gusma dalam sambutan usai melantik jajaran pengurus Pemuda Katolik (PK) Komda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ballroom Soll Marina Hotel Pangkalpinang, Rabu (28/8) malam.

Adapun struktur kepengurusan baru Pemuda Katolik Komda Bangka Belitung periode 2024 – 2027 diketuai Apt. Bernadus Reco, S. Farm, Sekretaris Hendri S. Kom, Bendahara Agnestasia dan sejumlah pengurus lainnya.

“Organisasi Pemuda Katolik ini punya kekuatan. Dari segi jumlah, kita tidak bisa bersaing dengan organisasi lain seperti NU misalnya, tapi kekuatan kita ya di kolaborasi. Selain itu, yang tak kalah penting yakni konsolidasi. Proses konsolidasi teman-teman tolong diperkuat, diintensifkan konsolidasi internal eksternal karena penting. Jangan sampai merasa tidak perlu berkonsolidasi dengan hirarki, karena Pemuda Katolik ini basis perekrutan ada di Paroki, mari kita seiring sejalan,” kata Gusma.

Deklarasi Jakarta-Vatikan

Pada kesempatan ini mantan ketua DPP KNPI tersebut menyinggung ihwal deklarasi Jakarta-Vatikan yang diinisiasi pemuda lintas agama dan diteken Paus Fransiskus di Paul VI Audience Hall, Vatikan, Roma, Italia pada Rabu, 21 Agustus 2024 lalu.

Foto bersama Pengurus Komda Babel periode 2024-2027 dengan perwakilan Komcab, Bapa Uskup, Ketum dan Sekjen PP PK, Ketua Komda demisioner dan para pastor.

Sebagai informasi deklarasi Jakarta-Vatikan yang bertema “Keadilan dan Perdamaian untuk Dunia” berisi sebagai berikut:

1. Menjadi generasi muda Indonesia yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai energi positif bagi peradaban dunia.

2. Mengajak kaum muda sedunia membangun masyarakat dunia yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong.

3. Mendukung dan menyebarluaskan pandangan dan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Kehidupan Bersama (Dokumen Abu Dhabi) untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

“Kemarin kita sudah menandatangani deklarasi Jakarta-Vatikan yang memuat tiga hal. Bapa Paus Fransiskus saksikan penandatangan itu. Artinya, ini tidak main-main. Segera konsolidasi dengan pemuda lintas iman untuk buat gerakan konkret di Bangka Belitung,” pinta Gusma.

Gusma juga memaparkan soal tujuh cluster yang menjadi fokus perhatian Pemuda Katolik saat ini, yakni Cluster Mahasiswa dan Pelajar, Cluster UMKM dan Pengusaha, Cluster Jurnalis, Cluster Politisi, Cluster Akademisi, Cluster Lawyer, serta Cluster ASN.

“Tujuh cluster ini harus dibuat oleh teman – teman khususnya di Komda Bangka Belitung. Supaya distrubusi, arah program dan arah kerjasama semuanya jelas,” pungkas dia.

Turut hadir dalam pelantikan ini Uskup Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko OFM, Sekjen Keuskupan Pangkalpinang RD Martin da’Silva, moderator Romo Agus Riyanto MSF,  Parokus Sta Bernadeth RD Yosef Setiawan, Moderator OMK Paroki Koba RD Wenslaus Pantaleon, Sekjen PP Pemuda Katolik Johanes Sihotang, Ketua Komda Babel Periode 2021-2024 Me Hoa, perwakilan 5 Komisariat Cabang (Komcab) se-Bangka dan sejumlah undangan lainnya. (Stef Lopis)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.