Home BERITA Paus Emeritus Benediktus XVI Dimakamkan 5 Januari Dipimpin Paus Fransiskus

Paus Emeritus Benediktus XVI Dimakamkan 5 Januari Dipimpin Paus Fransiskus

by Stefanus Lopis

BERKATNEWS.COM– PAUS FRANSISKUS┬ádiagendakan akan memimpin upacara pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI yang meninggal Sabtu (31/12/2022) pada usia 95 tahun. Prosesi pemakaman Paus Benediktus XVI dijadwalkan digelar 5 Januari mendatang pukul 9.30 waktu Roma di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Hal ini dibenarkan Anggota Dewan Kepausan Dikasteri untuk Dialog Antar Umat Beragama Vatikan, Pater Markus Solo, SVD.

“Menurut berita tanggal 2 Januari 2022 jenazah beliau akan diturunkan dari rumah kediamannya dari atas bukit Vatikan ke Basilica Santo Petrus Vatikan untuk dilakukan penghormatan terakhir dan berdoa bagi umat yang datang dan pengunjung,” kata Pater Markus Solo, Minggu (1/1/2023).

Mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI (kiri) dan Paus Fransiskus. (Foto: Vatikan media)

Menurut otoritas Vatikan, selama masih di Biara Mater Ecclesia, jenazah belum dibolehkan untuk dikunjungi dan tidak ada doa umum yang direncanakan, namun setelah disemayamkan di Basilika Santo Petrus, masyarakat umum diperbolehkan memberikan penghormatan tanpa perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Direktur Kantor Pers Takhta Suci Vatikan, Matteo Bruni mengatakan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Paus Emeritus Benediktus XVI menerima Sakramen Pengurapan Orang Sakit di biara Mater Ecclesiae di akhir Misa Kudus, Rabu (28/12/2022).

Menurut Bruni, Paus Emeritus Benediktus XVI secara khusus meminta agar semuanya dilakukan dengan sederhana, sama seperti dia menjalani hidupnya, termasuk pemakaman.

“Seperti yang diinginkan Paus Emeritus, pemakamannya akan sederhana,” kata Bruni kepada wartawan.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.