Home BERITA Mgr Adrianus OFM Blusukan ke Air Semut, Umat Antusias

Mgr Adrianus OFM Blusukan ke Air Semut, Umat Antusias

by Stefan Kelen

Air Semut, berkatnews.com–Uskup Keuskupan Pangkalpinang melakukan “blusukan” kegembalaan, ke sebuah wilayah atau stasi di Paroki St Fransiskus Xaverius Koba. Stasi itu adalah St Petrus Air Semut. Wilayah Air Semut ini masuk dalam teritori pemerintahan Bangka Selatan. Berikut ini, redaksi berkatnews.com memuat sebuah catatan lepas umat stasi tersebut perihal blusukan kegembalaan Bapak Uskup Mgr Prof Dr Adrianus Sunarko OFM.

Pada hari minggu 14 November 2021 kurang lebih pukul 09:00 wib pagi,  rombongan Bapak Uskup tiba di Gereja St Petrus Air Semut.

Bapak Uskup bersama petugas liturgi di Air Semut

Umat di sini, cukup antusias dengan persiapan yang sangat singkat yaitu sekitar dua minggu. Saya acungkan jempol keterlibatan dan semangat kami umat Air Semut.

Pada pagi itu, tidak seperti biasanya saya lihat, selama ini. Biasanya Bapak Uskup datang dengan tongkat dan topi nya. Tetapi Bapak Uskup Adrianus ini terlihat sangat sederhana. Bahkan penampilannya cuma dapat dibedakan atau dikenali melalui jubah yang di pakai.

Hari itu memang penuh kejutan. Di wilayah kami ternyata tidak ada koor. Lantas, koornya ternyata dari Pangkalpinang.

Grup Koor Stella Maris,   yang sedang merayakan hari jadi yang ke 23, menjadi koor dalam misa mulia itu. Suara mereka sangat indah.

Bapak Uskup dijemput para penari

Kebetulan saat misa, saya duduk di sebelah sayap gereja. Saya terkesan dengan mereka semua. Apa lagi bapak uskupnya beliau sangat bersahabat.

Kunjungan Bapak Uskup ini penuh dengan nuansa ke NTT an. Saya menyaksikan, pada acara penyambutan Bapak Uskup, diiringi dengan gong waning. Lantas pada  acara acara resepsi pun, masih kental dengan musik dari NTT.

Tampak juga dalam moment, ada lagi satu pastor lain, selain Romo Parokus, RD Aloysius Angus. Romo itu, kalau tidak salah namanya Romo Berto. Soalnya saya baru kali itu berjumpa dengan beliau.

Saya hanya menjadi pengamat waktu itu.  Saya melihat persaudaraan yang kental di sana. Romo Berto bersama OMK dan anggota koornya sempat bergabung menari bersama OMK Air Semut. Sayang hanya singkat saja waktu kunjungannya.

Pengisi acara bebas itu kebanyakan anak anak. Mereka sangat  bersemangat waktu latihan. Pokoknya usaha anak-anak OMK dan panitia saat persiapan, saya ancung jempol lah. (***)

Reporter : Yuliana Xie

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.