Perpustakaan Online Vatikan, Siapa saja Bisa Akses

Perpustakaan Vatikan

Perpustakaan Vatikan didirikan pada 1475 dan merupakan salah satu perpustakaan tertua di dunia, dan juga salah satu yang terbesar dan paling aman dijaga. Saat ini, Perpustakaan Vatikan memegang sekitar 75.000 naskah kuno, 85000 incunabula dan sekitar 1,1 juta buku. Terlepas dari semua ini, ada sekitar 400.000 koin dan medali, jutaan foto, cetakan, dan gambar. Perpustakaan memiliki koleksi mulai dari era pra-Kekristenan sampai koleksi saat ini. Perpustakaan Vatikan adalah koleksi yang sangat besar, terdiri dari banyak bahasa mulai dari Barat sampai Timur, juga tentang Matematika, Sains, Ilmu Sosial dan mata pelajaran penting lainnya.

Apa itu DVL (Digital Vatican Library) ?

DVL adalah layanan perpustakaan digital. Ini menyediakan akses secara gratis melihat koleksi digital Perpustakaan Vatikan, naskah dan incunabula. Hal ini dimungkinkan dengan adanya sebuah teknologi  International Image Interoperability Framework (IIIF), sehingga konten-konten digital dapat dengan mudah di akses dan dapat berguna. Siapa saja dapat mengakses, tentu saja dengan koneksi internet.

Bagaimana caranya?

Sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Roma untuk melihat buku-buku yang ada di perpustakaan Vatikan. Lewat akses internet Anda, perpustakaan Vatikan sudah bisa diakses secara online. Anda tinggal mencari buku atau manuskrip apa yang Anda ingin baca.

Mudah saja, tinggal anda klik http://digi.vatlib.it, maka anda akan masuk pada halaman depan Perpustakaan Online Vatikan yang disebut : Digital Vatican Library (DVL). ***

disarikan dari: http://epicpew.com/


/de mariam numquam satis [costmust]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *