Demi Komunikasi Pastoral Yang Makin Akseleratif, KomsosPapin Benahi Media Onlinenya

Pangkalpinang, BerkatPapin—Sejak pandemi Covid 19 menggerogoti dunia global, segala aktivitas insan dilakoni secara online alias daring. Begitu juga sebagian besar kegiatan pastoral di Keuskupan Pangkalpinang. Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko, OFM telah melakukan sebuah akselerasi penting dalam kaitan dengan mengkomunikasikan agenda pastoral tahun 2020 kepada umat.

“Agenda pastoral tahun 2020 yang fokus pada membangun komunio, tidak berjalan secara baik. Ketika protokol kesehatan pada masa adaptasi baru menghendaki warga untuk melakukan social distancing, maka Bapak Uskup dan PIPA Keuskupan membuat akselerasi penting dalam menerapkan agenda pastoral itu,” ungkap Delegatus Komsos Keuskupan Pangkalpinang, RD Stefanus T Kelen.

“Pendalaman iman selama masa covid 19 ini tidak bisa dilakukan di Komunitas Basis Gerejani (KBG). Mgr Adrianus OFM mengatakan tahun komunio akan tetap dilanjutkan dalam agenda pastoral tahun 2021,” jelas Romo Stefan.

Sedangkan sejak bulan juli sampai desember 2020, kata Romo Stefan, fokus pendalaman iman tertuju pada ketahanan iman bagi keluarga. “Sebab menurut Bapak Uskup, selama covid 19 ini, keluarga-keluarga sungguh-sungguh merasa dampaknya,” imbuh Romo yang berkulit hitam itu.

Ketua komsos ini juga menambahkan bahwa ia bersama tim nya ditugaskan untuk membuat video-video pendek untuk pendalaman iman. “Hal itu, sudah kami lakukan,” tuturnya.

Selebihnya, menurut Romo Stefan, komsos juga mendampingi PIPA Keuskupan ke paroki-paroki di pulau Bangka, seperti Mentok, Koba, Sungailiat. “Kami merekam peristiwa rekoleksi umat yang diberikan oleh Bapak Uskup. selain itu kami melakukan live streaming misa di paroki bersangkutan,” jelas  Romo Stefan lagi.

Melihat pentingnya perang komisi komsos itu, Romo Stefan sedang meng-upgrabe website berita berkatnews.com menjadi media online milik Komsos Pangkalpinang. “Dengan media online, beragam peristiwa pastoral di Keuskupan Pangkalpinang bisa tereportase di media ini,” ungkapnya. (kelen)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.