Home BERITA OMK Paroki Sta. Bernadeth, Mengawali Tahun Baru 2022 dengan Rekoleksi “Kecil”

OMK Paroki Sta. Bernadeth, Mengawali Tahun Baru 2022 dengan Rekoleksi “Kecil”

by Alfons Liwun

Berkatnews.com—PangkalpinangBiasa berkumpul bersama. Ketika Covid-19 melanda, kebersamaan menjadi terganggu. Kerinduan dan temu kangen, jadi senjata untuk berkumpul lagi.

Orang Muda Katolik (OMK) Sta. Bernadeth, Pangkalpinang kembali berkumpul bersama (16/1) dengan mengambil tempat di Aula Paroki. Berkumpul bersama dengan tetap menjaga, mematuhi, dan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan dengan situasi yang belum kondusif, apalagi saat ini telah muncul varian baru Covid-19 (Omicron) sudah di Indonesia, memang tidaklah gampang. Namun, OMK Sta. Bernadeth tetap optimis untuk menjalankan kegiatan ini, karena telah memiliki kerinduan bersama untuk berjumpa satu sama lain.

Temu Kangen OMK Sta. Bernadeth Pangkalpinang (foto:omkbernaeth)

Mengawali awal tahun baru 2022, OMK yang berasal dari 23 KBG dan 3 stasi yang jauh dari pusat paroki, diajak untuk berjumpa, temu kangen oleh para pengurus dan pendamping OMK Paroki Sta. Bernadeth. Berjumpa sekaligus temu kangen bersama merupakan kegiatan yang telah lama direncanakan. Momen Natal dan Tahun Baru Bersama menjadi kesempatan yang bermanfaat untuk saling berjumpa satu sama lain.

Dalam jumpa dan temu kangen bersama, OMK didampingi para pengurus dan pendampingnya. OMK diajak untuk bersukacita bersama dengan berbagai game. Dalam permainan game mereka berbaur bersama, mereka merasakan sebagai saudara-saudari orang muda Katolik. Dalam kebersamaan itu, sukacita terberesit dari wajah-wajah mereka yang selama ini menantikan perjumpaan dan kebersamaan. Kebersamaan tak sampai disitu. Keseruan dalam kebersamaan mencapai puncak ketika acara yang dinantikan itu tiba, yaitu acara tukar kado bersama. Isi kado tak ada yang tahu, selain mereka yang memiliki kado itu.

Kegembiraan OMK Sta. Bernadeth dengan kado-kado yang didapat dariteman-temannya (foto:omkbernadeth)

Selain itu juga, kegiatan ini di isi dengan game-game ringan, yang membuat suasana semakin meriah karena seluruh OMK berpartisipasi, baik pengurus maupun pendamping semua membaur menjadi satu dalam kebersamaan. Hal ini lah yang mau kami tekankan ke seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, bahwa kita sebagai Orang Muda Katolik kita harus berpartisipasi ataupun terlibat aktif, hadir bersama, baik dalam kegiatan-kegiatan kelompok kategorial, KBG, maupun kegiatan yang ada di paroki.

Dalam perjumpaan dan temu kangen bersama, Nopen, salah seorang pendamping OMK Sta. Bernadeth berkesempatan menyampaikan harapan OMK. “OMK, harapan dan masa depan gereja. Kita bersama-sama menyatukan kekuatan untuk mengembangkan diri, mengekspresikan kreativitas kita untuk hidup menggereja, tegas Nopen. Supaya pengembangan diri dan kita mampu berkreasi maka keterlibatan kita, partisipasi kita dalam berbagai kegiatan rohani baik di Paroki seperti petugas liturgi mingguan, di KBG, maupun di kelompok kategorial yang lain, karena disana kita belajar dari Yesus yang adalah sumber kekuatan kita, tambah Nopen lagi.

Harapan bersama, semoga OMK yang hadir dalam kegiatan ini bisa terus mengikuti kegiatan-kegiatan selanjutnya. Salam Komunio, mari kita jadikan Yesus sebagai Teman seperjalanan dalam hidup OMK. Salam OMK Sta. Bernadeth (fxnopen et al). ***

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.