Home KATEKESE Renungan Harian Selasa, 30 November 2021

Renungan Harian Selasa, 30 November 2021

by Alfons Liwun

Bacaan 1, Roma 10: 9-18, Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran dari firman Kristus; Mzm. 19: 2-3.4-5, Di seluruh bumi bergemalah suara mereka; Bacaan Injil Matius 4: 18-22, Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Yesus.

Mengantar Sesama Yang Lain Kepada Kristus

Oleh: Zakarias L. Ujan, Imam Keuskupan Pangkalpinang

Riwayat Hidup Singkat St. Andreas Rasul

Santo Andreas, sebagai rasul,ย  membawa orang kepada Yesus. Surat Paulus kepada jemaat di Roma (10:9-18) menggarisbawahi, pertama: penegasan iman. Yesus adalah Tuhan; Allah telah membangkitkan Dia; maka umat beriman diselamatkan. “Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan; dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” Allah yang satu itu adalah Tuhan semua orang.

Yang kedua tentang siapa sebenarnya rasul dalam konteks bacaan ini? Rasul adalah pewartaย  Injil. Rasul memberi kesaksian tentang Kristus. Suara mereka terdengar sampai ke seluruh dunia dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.

Yang ketiga: Caranya merasul atau mewartakan Injil. Itu berawal dari seruan orang; seruan untuk diselamatkan itu didengar Tuhan; berseru karena percaya; dan mendengar Dia karena percaya kepada-Nya;ย  dan supaya mereka mendengar Dia hendaknya ada yang memberitakan-Nya; mereka bertugas memberitakan iman karena diutus. Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik. “Iman timbul dari pendengaran dan pendengaran dari firman Tuhan.”

Andreas Menerima Panggilan Yesus untuk Menjadi Murid dan rasul-Nya (foto:mirificanews)

Dalam Injil (Mat. 4:18-22) berkisah tentang Petrus, Andreas, Yakobus, dan Yohanes dipanggil Kristus menjadi penjala manusia. Yesus berjalan santai di tepi pantai danau Galilea. Berjumpa dengan Petrus dan Andreas saudaranya, mereka dipanggil mengikuti Yesus dan mereka dijadikan penjala manusia. Lalu dilihatnya juga Yakobus dan Yohanes, Yesus memanggil mereka juga. Dua pasangan bersaudara ini langsung mengikuti Yesus, setelah dipanggil. Keempat bersaudara ini dipanggil Yesus, diutus-Nya menjadi penjala manusia.

Kita berdoa untuk para misionaris baik Religius, maupun misionaris awam (seperti KBKK) untuk terus menjadi rasul dan pewarta Injil. Dan semoga kita semua berani mengantar orang-orang lain kepada Kristus. Keselamatanku ada dalam tangan-Mu Tuhan.ย  Amin. ***

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.