Home BERITA Tahbiskan Romo Marsen, Mgr Adrianus OFM Tekankan Seorang Imam Harus Dekat Pada Allah dan Umat

Tahbiskan Romo Marsen, Mgr Adrianus OFM Tekankan Seorang Imam Harus Dekat Pada Allah dan Umat

by Stefan Kelen

Berkatnews.com—Uskup Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM, mengatakan, seorang imam harus dekat pada Allah, dekat pada umat, dekat dengan sesama imam, dan dekat pada uskupnya sendiri, karena jika tidak, akan menjadi pekerja atau upahan yang lelah, atau menjadi birokrat, bukan gembala yang belarasa.

Hal itu dipessankan Mgr. Adrianus Sunarko, OFM. saat berkotbah dalam memimpin Perayaan Ekaristi pentahbisan imam, Diakon Marsen Raymonda Damanik di Gereja Paroki asal sang Diakon di Paroki Seribu Dolok Keuskupan Agung Medan. Saat itu, Uskup didampingi beberapa imam keuskupan Pangkalpinang, dan imam setempat.

Mengaitkan dengan bacaan yang dipilih , Uskup dalam khotbahnya kembali mengingatkan apa yang pernah disampaikan oleh Paus Fransiskus kepada para imam tentang keluh kesah Musa dan Paulus serta Yesus yang berbicara mengenai gembala yang baik.

Uskup mengatakan, kedekatan imam dengan umat juga menjadi hal penting, terutama dalam kesulitan – kesulitan umat.

β€œJika kalian dekat dengan umat, hidup kalian akan menjadi rumit, tetapi rumit secara indah,” ucap Uskup Sunarko.

Dikatakan, para imam juga harus dekat dengan rekan – rekan imamnya ; hanya dengan itu, hidup selibat bisa ditanggung dengan sukacita sebagai manusia dan yang terakhir, harus dekat dengan uskup,” ujar uskup.

β€œAkhirnya puteraku terkasih, dalam memenuhi tugasmu ditempatmu, hendaklah engkau bersatu dengan uskupmu. Hendaklah kamu patuh kepada uskupmu, bergiatlah mempersatukan orang – orang beriman menjadi satu keluarga,”pesan Uskup.

Perayaan Ekaristi yang berlangsung sangat sederhana namun terkesan hikmatnya. Pada awal perarakan masuk, bapa uskup dan diakon disambut dengan tarian khas Simalungun.

Para umat dan frater serta religius yang lain ikut hadir dalam perayaan ini untuk mendukung diakon yang Marsen yang akan ditahbiskan menjadi imam keuskupan Pangkal Pinang.

Sebelum berkat penutup mengakhiri perayaan Ekaristi, dibacakan surat keputusan penugasan untuk Romo Marsen.

Romo Marsen ditempatkan menjadi pastor pembantu di Paroki St. Bernadeth – Pangkalpinang, dan menjalankan tugas yang lain sebagai pengajar di Seminari Menengah Mario John Boen.

Seluruh rangkaian ungkapan syukur atas tahbisan diselenggarakan lewat acara yang telah disiapkan panitia setempat. (ben)

saat pentahbisan

Kontributor : Risen

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.