Potret Komunitas Yerikho-Bethlehem, Paroki St. Damian-Bengkong

BerkatNews.com. Secara geografis, paroki-paroki di Keuskupan Pangkalpinang memiliki wilayah yang luas dengan umat yang menyebar di tengah masyarakat majemuk. Cara baru hidup menggereja diungkapkan lewat pengembangan KBG sebagai “ekspresi Gereja” yang hidup di tengah keluarga – keluarga dan masyarakat sekitarnya. Dengan kata lain, KBG merupakan ekspresi paroki di tengah umatnya. KBG menjadi instrumen pembangun rasa tanggung jawab bersama umat paroki untuk mengungkapkan komunio demi perutusan, yakni membangun Kerajaan Allah, baik di tengah komunitas maupun di tengah masyarakat. KBG memiliki 4 ciri yaitu: berada dalam suatu wilayah yang sama, Sharing Injil, Aksi Nyata Injil dan terikat dengan Paroki.

Baca Juga: 4 Ciri KBG

BerkatNews.com mencoba menyuguhkan kepada pembaca potret KBG-KBG yang ada di Keuskupan Pangkalpinang dalam rubrik Profile KBG. Komunitas Yerikho-Bethlehem menjadi KBG pertama yang diangkat. Bagaimana potret KBG ini?

1469786735184Secara geografis, Komunitas Yerikho-Bethlehem terletak di desa Batu Besar, Kecamatan Nongsa, tepatnya antara kampong Jabi sampai kampong Pinggir. Oleh karena itu komunitas ini masuk Wilayah St. Agustinus, Paroki St. Damian, Bengkong. Komunitas Yerikho-Bethlehem terdiri dari 14 KK, pertemuan rutin setiap Sabtu malam. Komunitas ini selalu menganimasi modul-modul evangelisasi umat; misalnya modul BKSN, modul Kerahiman Ilahi, modul Bulan Syukur Agustusan, dan modul-modul lainnya. Hal ini dapat terlaksana dengan dukungan fasilitator AsIPA yang saat ini berjumlah 8 orang.

Fasilitator AsIPA komunitas ini terdiri dari 8 orang Fasilitator, yaitu Bp Kayefanus Kayanus, Bp Yohanes Hariyanto Niko, Bp Simikapur Simbolon, Bp Andreas Winarno, Sdr Benediktus Andika, Ibu Lantaida Silitonga, Ibu Yuliana Palan Surah dan Ibu Evy Puspitosari.

Bagaimana dengan aksi nyata Injili yang melekat dalam KBG? Aksi nyata Komunitas Yerikho-Bethlehem yang telah dilaksanakan diantaranya mengunjungi teman yang sedang sakit, mendoakan orang yang sedang mengalami kesulitan, mendoakan putra-putri saat mereka akan ujian, mengajak anak-anak dan mengajari mereka berdoa Rosario di Goa Maria Stasi St. Yosef Kabil, mengasah pengetahuan anak dan remaja tentang pengetahuan umum gereja dan Kitab Suci dengan hadiah alat tulis,, mengunjungi, menguatkan dan mendoakan keluarga yang salah satu putranya difabel, mengunjungi dan mendoakan keluarga yang sedang berduka, gotong royong di gereja, mengunjungi teman yang kurang aktif, dan lain sebagainya.

Kehidupan komunio di KBG ini sangat baik, rasa saling merindukan jika seminggu tidak saling bertemu, mereka saling mengunjungi, berdoa dari rumah ke rumah, saling memberi dukungan dan saling menguatkan. Mereka berusaha menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam hidup berkomunitas.

Kegiatan SEKAMI Komunitas

Bagaimana dengan kegiatan anak dan remaja (SEKAMI) di KBG ini? Jumlah Animator SEKAMI sudah ada 5 orang, yaitu 3 pendamping Bina Iman Anak (usia 3 th – sebelum menerima komuni) dan 2 pendamping Bina Iman Remaja (sesudah menerima komuni pertama – 16 th). Kegiatan SEKAMI sudah dilakukan seminggu sekali di tiap-tiap KBG di wilayah ini, tetapi pada minggu ke-4, kegiatan  digabung satu wilayah. Sedangkan untuk pendampingan remaja, masih dilakukan gabungan sewilayah, karena jumlah remaja yang sedikit dari tiap-tiap KBG di wilayah St. Agustinus.

Acara KBG yang lain adalah setiap awal bulan para Fasilitator mengikuti studi bahan di Paroki St Damian. Beberapa bulan terakhir ini, mereka merencanakan untuk mengadakan Rekoleksi Keluarga KBG, dengan mulai dengan Aksi Kaleng Kasih, yang setiap akhir bulan kumpulkan, dan dana yang terkumpul nanti akan digunakan untuk Rekoleksi Keluarga KBG tersebut. Beberapa dari umat juga menjadi Animator AsIPA di Stasi St Yosef Kabil, dan ada juga yang menjadi koordinator seksi di PIPA Paroki St Damian, ataupun PIPA Stasi St Yosef Kabil. Anggota KBG yang lain juga aktif dalam kegiatan lingkungan kemasyarakatan lainnya, seperti mengikuti lomba 17an, gotong royong, ataupun kunjungan silaturahmi saat Hari Raya Idul Fitri.

Strukur Kepengurusan KBG Yerikho-Bethlehem:

Ketua                                    : Bp Kayefanus Kayanus

Wakil ketua                        : Bp Simikapur Simbolon

Bendahara                          : Ibu Yuliana Palan Surah

                                                : Ibu Elfia Damanik

Sekertaris                            : Sdr Benediktus Andika

Sie Keluarga                       : Bp Yohanes Hariyanto Niko

                                                : Ibu Elfia Damanik

Sie Kepemudaan              : Sdri Wiliam Angelina Tanjung

                                                : Sdr Ferdinandus Jeki

Sie BIA                                  : Ibu Yosina Salakory

                                                : Ibu Berlian Dermawan

                                                : Ibu Lantaida Silitonga

Sie BIR                                  : Ibu Evy Puspitosari

                                                : Ibu Lamsumihar br Simanjutak

Sie Ibadat Illahi                  : Ibu Natalia Nona Beti

                                                : Ibu Anastasia Alinda

Sie Kitab Suci                                      : Bp Yohanes Hariyanto Niko

Sie Persiapan Sakramen                   : Bp Andreas Winarno

                                                                : Ibu Evy Puspitosari

Sie Pralaya                                          : Bp Martinus Manyelus

                                                                : Bp Anis Heins

                                                                : Ibu Riana Butar Butar

Sie Kerasulan Awam                       : Bp Andreas Winarno

Sie Keadilan, perdamaian, migran dan perantau   : Bp Andreas Winarno

Sie Panggilan                                      : Bp Andreas Winarno

Sie Lingkungan hidup                     : Bp Yulius Surah


Terimakasih kepada ibu Evy Puspitosari atas kiriman profil KBG ini

Editor: [costmust]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *