Umat St. Fransiskus Asisi Antusias Ikuti Novena St. Antonius Padua

Kabil – BerkatNews. Selasa, 4 Juni 2019 petang, pelataran di depan gereja stasi St. Yosef – Kabil, dipenuhi puluhan kendaraan yang berjajar rapi. Sore ini dimulai Novena St. Antonius Padua selama 9 hari, setiap hari Selasa pukul 19:00 wib, hingga tanggal 30 Juli 2019 nanti.

Misa sekaligus pembukaan novena ini dipimpin oleh RD. Wilfridus Patrisius Nong Yodi sebagai selebran utama bersama konselebran RD. Yohanes Belang De Ornay. Antusias umat terlihat jelas, dengan banyaknya umat yang hadir memenuhi ruangan gerja, hingga tenda samping gereja.

Kekusyukan mulai terasa saat Paduan Suara Wanita mengantar umat dengan 2 lagu para liturgi. Alunan “Adoramus Te” dan “O Sacrum Convivium” memenuhi ruangan gereja dan hati seluruh umat.. Paduan suara dari wilayah Sta. Monika yang bertugas malam itu juga membawa umat pada suasana doa yang dalam. Lagu “Jadikanlah Aku Pembawa Damai” membawa umat semakin menghayati tema novena hari pertama ini.

IMG_9819_compressedPada homilinya, Pastor Yodi, panggilan akrab pastor paroki St, Fransiskus Assisi, menyampaikan 3 hal, Pertama, Pastor Yodi menceritakan sedikit tentang sejarah St. Antonus dari Padua. Kedua, Beliau sharing tentang pengalaman pribadi Beliau saat ziarah ke Padua, ke Basilika tempat Orang Kudus yang terkenal sebagai Pengkotbah Ulung ini. Lalu hal yang ketiga tentang tema yang diambil dari St. Fransiskus Assisi, yaitu Jadikan Aku Pembawa Damai.

Pastor Yodi juga mengajak umat untuk berdoa, memohon kepada Tuhan melalui perntaraan St. Antonius Padua supaya umat menjadi alat / ciptaan-Nya / duta – duta pembawa damai. Para kudus yang sudah mendahului kita mengikuti teladan Yesus Sang Raja Damai, Dan hal,itu juga yang harus kita teladani sebagai murid Yesus. “Damai yang keluar dari hati. Jika ingin dunia damai, harus dimulai dari damai pada diri sendiri, lalu damai pada sesama, damai dengan alam semesta dan damai dengan Allah.”, pesan Pastor Yodi. “Jika ada gelisah, perpecahan, bimbang atau ragu-ragu, berarti belum damai”, tambahnya. Damai menjadi sumber dari segala sesuatu.IMG_9825_compressed

Di akhir perayaan Ekaristi ini, Pastor Yance, panggilan akrab RD. Yohanes Belang De Ornay juga sharing tentang terkabulnya doa Novena St, Antonius Padua, serta menyampaikan bahwa doa novena ini tidak harus didoakan dalam perayaan Ekaristi, tapi bisa dilakukan sendiri dengan ujud doa pribadi, atau bisa juga dengan keluarga.

Umat Paroki St. Fransiskus Assisi mengundang umat dari paroki-paroki lain yang ada di Batam dan sekitarnya, yang tergerak hatinya untuk berdoa bersama dalam novena ini. Sampai jumpa pada Novena S. Antonius dari Padua hari kedua, Selasa, 11 Juni 2019 dengan tema “Jadikanlah Aku Pembawa Cinta Kasih”, yang akan dipimpin oleh RD Philipus Seran.* (LVEP/BerkatNews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.