Home BERITA Uskup Baru Untuk Keuskupan Sanggau, Penasaran Umat Terjawab

Uskup Baru Untuk Keuskupan Sanggau, Penasaran Umat Terjawab

by Stefan Kelen

Sanggau, BERKATPAPIN—Bapa Suci menerima pengunduran diri Uskup Keuskupan Sanggau, yang disampaikan oleh Mgr. Giulio Mencuccini, CP. Dan hari ini, Sabtu 18 Juni 2022, rasa penasaran umat pun terjawab. Pasalnya, Paus Fransiskus telah mengangkat Pastor Valentinus Saeng, C.P, untuk menjadi Uskup di Keuskupan Sanggau.

Dengan adanya pengganti ini, maka Mencuccini CP segera menjadi Uskup Emeritus.

Saat Mgr Mencuccini CP membaca surat pengangkatan dari Paus Fransiskus

β€œBapa Suci Fransiskus telah mengangkat Romo Valentinus Saeng, pasionis, seorang putra Kalimantan yang lahir dari daerah ini, sebagai Uskup Sanggau yang baru, dan penerus Anda. Berita ini dipublikasikan persisnya pada momen ini di Roma jam 12 dan di Sanggau jam 5 sore,” ucap Mgr Mencuccini CP membacakan surat dari Bapa Suci.

Sesuai tradisi Gereja Katolik, seorang uskup ditunjuk langsung oleh Sri Paus sebagai pemimpin tertinggi umat Katolik Roma di dunia. Lantas, siapakah uskup baru Sanggau ini?

Uskup Baru Ini, Seorang Penulis

Valentinus Saeng (52) adalah seorang pastor Katolik Roma dari Kongregasi Pasionis (CP). Dia lahir di Desa Keramuk, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan pada 28 Oktober 1969.

Uskup terpilih saat menyalami Paus Fransiskus

Dia meraih gelar master filsafat di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma pada 2005. Kemudian belajar bahasa Jerman di Maximilian UniversitΓ€t, MΓΌnchen, Jerman. Serta meraih gelar doktor filsafat pada 2008 di Universitas Santo Thomas Aquino, Angelicum, Roma.

Pastor Valen, begitu sapaan akrabnya, mengajar di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Widya Sasana Malang, Jawa Timur. Dia terkenal dengan kesukaannya melakukan berbagai riset, terutama terkait filsafat sosial.

Juga aktif menghasilkan karya tulis ilmiah yang tersebar di mana-mana. Serta menjadi pembicara untuk seminar-seminar.

Dari aktivitas menulis, Pastor Valen telah menerbitkan sejumlah buku. Beberapa judul bukunya: β€œHerbert Marcuse: Perang Melawan Kapitalisme Global, terbit pada 2012).

Buku lainnya, β€œMereguk Air Hidup: Beriman dalam Era New Age” terbit pada 2009; β€œMenyibak Selubung Ideologi Kapitalis dalam Imperium Iklan”, terbit pada 2011. Serta, β€œMinum dari Sumber Sendiri: Dari Alam menuju Tuhan” terbit pada 2011. (sfn/dari berbagai sumber lain)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.