Home Headlines Belajar Dari Bartimeus, “Semoga Aku Dapat Melihat”

Belajar Dari Bartimeus, “Semoga Aku Dapat Melihat”

by Stefan Kelen

Oleh RD Yustinianus Ta’Laleng Wayan*)

Renungan Minggu Biasa XXX tahun B-2 ini bersumber dari Yer 31:7-9: Mzm 126:1-2ab.2cd-3.4-5.: Ibr 5:1-6: Mrk 10:46-52

Injil hari ini menceritakan tentang Yesus, yang bersama dengan para murid-NYA tiba di kota Yerikho. Di sana Yesus menyembuhkan Bartimeus, seorang pengemis yang buta yang duduk di pinggir jalan seorang diri. Tampak bahwa Bartimeus tidak membuang waktu untuk mengeluh. Dia tidak mencela Tuhan karena membiarkan kebutaannya dan semua penderitaan serta kesengsaraan yang ditimbulkannya.

Dia tidak menuntut penjelasan dari Tuhan. Dia tidak mencurahkan energinya untuk menyalahkan Tuhan karena telah menjadi korban kehancuran dunia yang jatuh ini.  Pertanyaan buat kita: berapa banyak waktu yang kita buang untuk mengeluh! Berapa banyak energi yang kita habiskan untuk mencoba mencari tahu hal-hal yang harus kita terima!

RD Yustinianus Ta’Laleng Wayan

Namun, di sisi lain, Bartimeus tidak berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja; dia tidak mengabaikan penderitaan dan kebutuhannya. Dia sangat menyadari keterbatasannya. Akibatnya, segera setelah dia mendengar bahwa Yesus sedang lewat, dia mulai berseru untuk mendapatkan perhatian Yesus, dan dia berteriak lebih keras lagi ketika rombongan Yesus mencoba untuk mendiamkannya. Bartimeus menghindari dua sikap tidak sehat yang sering membuat kita jatuh, sikap yang menguras energi berharga dari roh kita: mengasihani diri sendiri secara berlebihan dan mengandalkan diri sendiri secara berlebihan.

Lalu, mengapa seorang pengemis buta itu memiliki harapan yang begitu hidup kepada Yesus, sementara para pemimpin Yahudi yang kaya dan berpendidikan hanya curiga dan meremehkan Yesus? Kita melihat bahwa Bartimeus menanggalkan jubahnya jubahnya dan ia segera berdiri ketika dia mendengar bahwa Yesus memanggil dia dan bersedia mendengarkannya.

Bartimeus memanggil Yesus, Anak Daud, ini menunjukkan bahwa entah bagaimana dia mengenali Yesus sebagai Mesias. Keinginan seperti itu! Iman seperti itu! Wawasan spiritual seperti itu! Dan semua dalam diri seorang pria miskin, seorang pria yang terpinggirkan dan menderita. Orang akan berpikir bahwa para ahli Taurat dan pemimpin agama akan jauh lebih tahu tentang kebenaran, tetapi ketika sampai pada mengenali siapa Kristus yang sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang buta: orang yang sakit dan menderita, yang sederhana, yang dipinggirkan.  

Apakah ada sesuatu yang menghalangi kita untuk mengenali Yesus? Hal apa yang menggelapkan visi rohani kita ? Jika kita berpikir bahwa kita tidak membutuhkan Tuhan, kemungkinan besar kita akan mengabaikan tindakan dan kasih Tuhan dalam hidup kita.

Dalam budaya sekuler saat ini, kita perlu secara khusus menyadari kecenderungan ini. Kita dibombardir oleh ribuan pesan setiap hari, datang kepada kita dalam berbagai bentuk, yang mengundang kita untuk bergantung sepenuhnya pada diri kita sendiri, untuk mencapai kebahagiaan dan kepuasan yang kita dambakan. Jika kita tidak puas dengan persahabatan kita dengan Kristus, mungkin karena pesan-pesan itu telah menembus hati dan pikiran kita lebih dari yang kita sadari. 

Pertanyaan Yesus Jelas!

 Orang buta ini dibawa kepada Yesus, dan Yesus mengajukan pertanyaan kepadanya: “Apa yang kau kehendaki AKU perbuat bagimu? Apakah Yesus serius bertanya? Bukankah sudah jelas apa yang diinginkan pria ini? Dia telah mendengar tentang mukjizat Yesus, dan sekarang dia menginginkan mukjizat untuk dirinya sendiri; dia ingin mendapatkan kembali penglihatannya. Jadi mengapa Yesus mengajukan pertanyaan itu? Mungkin itu hanya untuk membuka pembicaraan di antara Yesus dengan Bartimeus.

Tapi mungkin itu permintaan yang tulus. Mungkin Yesus sangat menghormati orang ini sehingga Dia sebenarnya memberi kesempatan kepada Bartiumeus untuk menggunakan martabat manusiawinya sendiri untuk menanggapi dengan dengan bebas dan eksplisit permintaan dari Tuhan: “Apa yang kau kehendaki Aku perbuat bagimu?.

Bartimeus berseru : “semoga aku dapat melihat.”

Tuhan ingin terlibat dalam hidup kita, tetapi Dia juga ingin kita menjalani hidup kita sepenuhnya, dan itu berarti kita juga bertanggungjawab atas diri kita sendiri, tindakan kita, keinginan kita, keputusan kita. Tentu saja, Tuhan tahu apa yang kita butuhkan, dan mengenal dengan lebih baik daripada kita mengenal diri kita sendiri. Tetapi Tuhan tidak menciptakan kita untuk menjadi robot, yang diprogram oleh Pencipta kita hingga perilaku sekecil apa pun.

Dia menciptakan kita untuk menjadi co-creator, dan menjadi kreatif, untuk mengambil bagian dalam kasih karunia dan kesempatan yang telah diberikan kepada-NYA kepada kita. Tanpa Kristus dan kasih karunia-Nya kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh 15:5), tetapi tanpa menggunakan kebebasan kita sendiri dan memilih untuk bersahabat dengan-Nya, berapa pun harganya, kita tidak dapat memperoleh kasih karunia itu: Jika kamu ingin menjadi sempurna, pergilah , jual apa yang kamu miliki dan berikan kepada orang miskin, dan kamu akan memiliki harta di surga. Kalau begitu, ikutlah Aku (Mat 19:21).

Interaksi Tuhan Yesus dengan Bartimeus adalah pola interaksi-Nya dengan kita masing-masing: Yesus mendengar tangisan hati kita yang menderita di dunia ini; dan Dia selalu mengundang agar kita datang kepada-Nya, menemui-Nya, dan Dia mengundang kita kedalam rahmat-Nya; tetapi Dia juga dengan sabar dan penuh hormat menunggu tanggapan penuh iman kita. Apakah Dia akan menunggu kita dengan sia-sia?  Semoga Tuhan menyembuhkan kebutaan kita agar kita selalu melihat dan mengenali kehadiran-NYA ,dan percaya dengan sepenuh hati  bahwa DIA selalu berjalan bersama kita. (***)

*)RD Yustinianus Ta’Laleng adalah Parokus Katedral St Yosef Pangkalpinang

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.