Home BERITA Umat Stasi St. Yohanes Pemandi Bedukang, Menjemput Bapa Uskup Dengan Tarian Hegon

Umat Stasi St. Yohanes Pemandi Bedukang, Menjemput Bapa Uskup Dengan Tarian Hegon

by Alfons Liwun

Sungailiat, BERKATPAPIN–Kunjungan Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko OFM ke Wilayah Bedukang Paroki Sungailiat, memberi warna tersendiri. “Kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan kami umat disana,”  ungkap seorang OMK Paroki Sungailiat, Bernadette Mega dalam laporannya kepada BERKAT.

Rasa bangga umat Bedukang itu terungkap dari antusiasme dalam persiapan kunjungan Bapa Uskup baik liturgis maupun hal-hal lain, termasuk mau menjemput Bapa Uskup dengan tarian khas Flores.

Umat KBG St. Yohanes Pemandi Menjemput Mgr. Adrianus Sunarko omf dan Romo Agus msf serta PIPA Paroki dengan Tarian Egon,24 Oktober 2021 (foto:paulbenediktus)

Kunjungan Bapa Uskup di KBG yang berpelindung St. Yohanes Pemandi, lanjut kisah Mega, berawal ketika waktu Bapa Uskup datang melantik pengurus PIPA Paroki Sungailiat, saat ramah tamah Bapa Uskup mendengar tentang Stasi Bedukang. Lalu Bapa Uskup bilang mau berkunjung ke sana. Rencana ini kemudian disambut baik oleh Parochus Sungailiat, Romo Tony msf.  Setelah pertemuan retret para imam di Pangkalpinang, Romo Tony meminta Seksi Ibadat Ilahi Paroki mempersiapkan segala sesuatu misalnya koor, lalu Tata Perayaan Ekaristi mengikut TPE 2020, dll. Persiapan dulu meskipun belum ada kepastian tanggal dari Bapa Uskup untuk mengunjungi Stasi Bedukang. Tetap team liturgi Paroki dan Stasi sudah mempersiapkan semuanya.

Rombongan Pangkalpinang Bersama Bapa Uskup dan PIPA Paroki di Bedukang (foto:mega)

Seminggu sebelum tanggal 24 Oktober ini Mega dan Ibu Yovita Yinyin sebagai koordinator liturgi, berdua mengendarai motor ke Bedukang untuk melatih koor mama-mama disana, lalu dua hari kemudian dapat info dari Romo Paroki, kalau Bapa Uskup akan datang ke Bedukang tanggal 24 Oktober dan merayakan Ekaristi bersama umat disana pada pukul 09.00 WIB. Jadi ya tanggal 23 Oktober sore mulai persiapan hias bunga, dan lain-lain. Persiapan ini bekerja sama team Ibadat Ilahi Paroki dan Stasi Bedukang.

Dengan izin Romo Paroki, Monsinyur disambut dengan tarian khas Maumere Flores, Tarian Egon dan di depan gerbang kapel Bapa Uskup dikalungi kain khas Flores. Sebuah sambutan yang luar biasa oleh umat Wilayah yang berpelindungkan St. Yohanes Pemandi. Umat sungguh-sungguh senang sekali atas kunjungan Bapa uskup dan sekaligus mereka merasa sungguh di perhatikan.

Umat Bedukang Dengan Pakaian Khas Flores Merayakan Ekaristi Bersama Bapa uskup (foto:mega)

Dalam kotbah, Bapa Uskup mengajak semua umat untuk semakin rajin dan tekun dalam kehadiran Misa dan doa-doa, juga terlibat dalam pelayanan. Kehadiran Bapa Uskup di tengah umat ini menambah semangat hidup menggereja bagi umat wilayah Bedukang, baik orangtua maupun anak-anak. Kehadiran Bapa Uskup juga mendorong umat untuk hadir dan aktif dalam setiap perayaan ekaristi, doa-doa KBG dan pelayanan khususnya di Stasi. Paulus Benediktus, seorang Fasilitator yang sering berkunjung ke Bedukang mengungkapkan, kunjungan Bapa Uskup kita: “Luar biasa, apa lagi kotbahnya sangat menyetuh di hati khususnya untuk umat kita di Bedukang.”

Ibu Yovita Yinyin Bersama Ibu-Ibu dalam tarian gemu Famire (foto: mega)

Kunjungan Mgr. Adrianus Sunarko OFM ditutup dengan makan bersama dan diselingi dengan tarian Ja’i juga Gemu Famire. Semua bersukacita Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang.

Oleh: B. Mega, OMK Paroki Sungailiat

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.