Home EpiskopalAsIPA Resources Catatan Prof. Paul B. Steffen, SVD atas Disertasi tentang KBG dan AsIPA Klaus Vellguth

Catatan Prof. Paul B. Steffen, SVD atas Disertasi tentang KBG dan AsIPA Klaus Vellguth

by admin

Catatan BerkatNews.com: Tulisan ini adalah catatan atau review atas sebuah Buku karya Klaus Vellguth. Buku tersebut adalah disertasi dia dengan judul “Cara Baru Hidup Menggereja. Permulaan dan Perkembangan Komunitas Basis Gerejawi dan Sharing Injil di Afrika dan Asia”. Sang reviewer-nya adalah Dr. Paul B. Steffen, SVD, Profesor “Teologia di pastorale missionaria”, Fakultas Missiologi Universitas Kepausan Urbaniana, Roma.

Sebuah slogan terkenal saat ini yang sering digunakan di gereja-gereja Asia dan Afrika, “Cara Baru Hidup Menggereja”, adalah judul yang dipilih dengan baik untuk disertasi Klaus Vellguth. Ketika dia menulisnya, Vellguth adalah anggota staf Departemen Layanan Pedalaman Badan Internasional MISSIO-Aachen (Inland Service Department of the International Agency of MISSIO-Aachen), sedangkan dia sekarang adalah pimpinan Departemen Teologi MISSIO-Aachen. Penulis akrab dengan pendekatan pastoral baru dari gereja-gereja di Afrika dan Asia; terutama Metode Kontekstual Lumko – yang dikenal di Asia sebagai Pendekatan Pastoral Integral Asia atau Asian Integral Pastoral Approach (AsIPA) – yang menarik perhatiannya. Atasannya di MISSIO-Aachen mengizinkannya menulis disertasinya di bawah bimbingan Prof. Ottmar Fuchs di Universitas Tübingen tentang: Awal dan Pertumbuhan Komunitas Basis Gerejawi (KBG) dan Sharing Injil di Afrika dan Asia.

Penulis yakin bahwa AsIPA juga dapat berfungsi sebagai model bagi gereja-gereja Barat, terutama selama krisis keuangan saat ini di Gereja-Gereja Lokal / Keuskupan di Jerman. Di masyarakat Barat, Gereja Lokal saat ini mengalami penurunan jumlah umat beriman karena berbagai alasan. Beberapa alasan, seperti faktor demografi, berada di luar kendali atau pengaruh pastoral. Tetapi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pelayanan – serta setiap anggota komunitas Kristen – harus ditangani.

Semakin banyak orang Kristen yang menemukan organisasi gereja-gereja Barat yang rumit dan bahkan birokratis yang semakin tidak berarti bagi kehidupan Kristen mereka sendiri. Namun kurangnya imam memaksa keuskupan-keuskupan untuk menciptakan ‘unit penggembalaan’ yang banyak, di mana beberapa paroki sebelumnya yang independen bersatu di bawah kepemimpinan tim pastoral. Visi Gereja Vatikan II tentang Gereja sebagai sebuah persekutuan telah menginisiasi gerakan pembaruan di seluruh dunia yang bertujuan mengubah paroki menjadi komunitas-komunitas – atau diekspresikan dengan lebih baik lagi, menjadi Paroki; Persekutuan Komunitas-komunitas. Istilah “komunitas paroki” lahir pada periode setelah Vatikan II, dan rencana untuk mengubah paroki menjadi komunitas-komunitas telah menyebar luas di Eropa dan tempat lain.

Perkembangan gerakan komunitas di seluruh dunia belum seragam, karena telah dipengaruhi oleh tahap budaya, sosial dan historis yang berbeda dan latar belakang masyarakat sipil dan oleh realitas gerejawi yang diwariskan yang berbeda dalam Gereja Katolik. Model-model dan tradisi gerejawi yang diwariskan dari kehidupan pastoral dan praxis tidak sama di negara-negara dengan tradisi parokial Kristen yang telah berusia milenium dan di negara-negara yang memiliki tradisi gerejawi abad-abad yang panjang seperti di Amerika Latin dan Filipina. Pada saat yang sama banyak gereja Afrika, Asia dan Pasifik tampaknya relatif bebas dari pengalaman tradisi gerejawi kuno ini. Namun demikian, pengaruh model Gereja Tridentine yang dibawa oleh para misionaris Barat pada abad ke-19 dan ke-20 sebaiknya tidak diremehkan.

Bagi banyak orang Kristen, “Tradisi” dapat dipahami secara positif sebagai pengetahuan dan kesadaran yang memungkinkan seseorang diperkaya oleh sumber-sumber iman yang memberi hidup. Namun dimensi ini hanya dapat ditularkan oleh orang yang hidup dalam persekutuan satu sama lain. Pelayanan Kristen hanya kredibel dan meningkatkan kehidupan ketika dipraktekkan dalam pendekatan relasional. Dalam mempersiapkan kampanye MISSIO-Aachen pada Hari Minggu Misi Sedunia, Vellguth melakukan perjalanan ke Sri Lanka. Di sana, untuk pertama kalinya, ia menemukan spiritualitas alkitabiah yang kuat dari sebuah KBG, dan belajar tentang dinamika program AsIPA di Gereja-Gereja Asia Lokal serta tentang praksis Asia dan pemahaman tentang “Cara Baru Hidup Menggereja”.

Penulis mengutip catatan Kardinal Stephen Kim (Seoul) tentang relevansi AsIPA untuk Asia: “Saya telah menghadiri banyak konferensi tentang evangelisasi di mana kami menerima penglihatan yang indah tetapi tidak ada yang memberi tahu kami cara mempraktikkannya. Lokakarya AsIPA ini adalah yang pertama yang mengandung tidak hanya visi tetapi juga cara dan metode untuk mewujudkan visi di paroki kita ”(hal. 24).

Setelah bab pengantar, penulis mengembangkan penelitiannya dalam tujuh bab. Bab kedua disebut ‘Studi Fundamental’. Vellguth memeriksa proses pembelajaran yang dilakukan oleh dua imam Fidei Donum, Fritz Lobinger dan Oswald Hirmer setelah mereka tiba di Afrika Selatan pada tahun 1956 dan 1957. Awalnya keduanya melaksanakan pendekatan misionaris kolonial di paroki-paroki mereka. Kemudian pendekatan baru dari Konsili Vatikan II menyanggah stagnasi paroki-paroki, yang hingga saat itu mengandalkan sepenuhnya pada pelayanan imam – dengan kata lain, mereka tidak melatih umat awam untuk menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan partisipatif.

Dua imam misionaris itu diberi kesempatan untuk memperbarui dan memperdalam pengetahuan pastoral dan katekese mereka dengan menulis disertasi di universitas-universitas Jerman pada akhir 1960-an. Disertasi dari Fr. Lobinger (1969) dan Fr. Hirmer (1970) didasarkan pada 13 tahun pengalaman pastoral di paroki-paroki Afrika Selatan. Lobinger mempublikasikan penelitiannya di Jerman pada 1973 dengan judul Katekis sebagai Pemimpin Komunitas: Solusi Permanen atau Sementara? Hirmer menerbitkan penelitiannya di tahun yang sama tentang Fungsi Awam di Paroki Katolik. Kembali ke Afrika Selatan, mereka diminta oleh Konferensi Waligereja Afrika Selatan untuk mengambil alih program pembaruan Pastoral, katekese, dan Kitab Suci di National Pastoral Institute (Lumko). Khususnya, peran katekis dan umat awam pada umumnya yang membutuhkan model formatio baru, untuk posisi dan identitas mereka di Gereja Lokal.

Pada tahun 1977 Pastor Oswald Hirmer diangkat menjadi pimpinan Komisi Kerasulan Kitab Suci Konferensi Para Uskup Afrika Selatan yang mempertajam fokusnya pada Firman Tuhan. Pada tahun 1988 ia menerbitkan sebuah buku untuk komunitas katemumenat berjudul: “Our Journey Together” yang sekarang tersedia dalam beberapa bahasa Asia. Pada tahun 1990, Kantor Kerasulan Awam FABC mengundangnya pada Sidang Pleno para Uskup Asia di Bandung. Langkah itu membuka kerasulan baru baginya dan gereja-gereja Asia untuk mengalami dengan cara baru kekuatan Firman Tuhan yang membentuk dan memelihara komunitas Kristen. “Banyak uskup diyakinkan akan perlunya pembaruan Gereja melalui Komunitas Basis Gerejawi dan perlunya pendekatan yang partisipatif dan berpusat pada Kristus. Mereka meminta Lumko Institute untuk menjalankan program sebulan penuh untuk melatih fasilitator Asia dan pada tahun 1991 Uskup Oswald Hirmer datang untuk program pelatihan yang berlangsung di Hua Hin, Thailand. Kemudian Uskup Oswald Hirmer dan Uskup Fritz Lobinger mengadakan program pelatihan dua bulan di Taiwan dengan terjemahan ke bahasa Mandarin. Selanjutnya mereka mengundang Uskup Oswald ke negara mereka untuk melanjutkan program pelatihan. Ini membawanya ke Asia begitu sering sehingga ia memutuskan untuk menjadikan Singapura sebagai basisnya ”.

Bab ketiga (hal. 45-146) membahas tentang munculnya Pendekatan Pastoral Afrika di Afrika Selatan. Hal ini dapat ditemukan dalam KBG-KBG yang baru muncul serta dalam pengembangan Metode Sharing-Injil di Afrika Selatan dan diseminasi mereka di seluruh Afrika selama tahun 1970-an dan 1980-an. Penulis memfokuskan terutama pada perkembangan di Afrika Selatan, di mana Lobinger dan Hirmer menjadi protagonis dari perkembangan ini. Sebagai hasil dari gerakan pembaruan masyarakat ini, Konferensi Waligereja Afrika Selatan mampu mempublikasikan rencana pastoral mereka: “Komunitas Melayani Kemanusiaan”/ “Community Serving Humanity” pada tahun 1989 setelah periode konsultasi dua belas tahun. Proses konsultasi dimulai setelah penerbitan dokumen “Deklarasi Komitmen dalam Keadilan Sosial dan Hubungan Ras dalam Gereja” (Declaration of Commitment in Social Justice and Race Relations within the Church) pada tahun 1977. Uskup Agung Dennis Hurley juga menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1977 dengan judul: “Evangelisasi Hari Ini di Afrika Selatan”. “Komunitas Melayani Kemanusiaan”, di mana ia menyatakan KBG menjadi prioritas pastoral. Pada tahun 1992 dan 1995 ada evaluasi dari rencana pastoral ini. Evaluasi ini menunjukkan bahwa 2/3 dari keuskupan di Afrika Selatan telah menjadikan KBG sebagai prioritas mereka dan bahwa mereka sudah menghasilkan buah-buah pertama.

Dalam bab keempatnya (Hal. 147-175) Vellguth menyajikan studi kasus KBG di Sterkspruit, sebuah paroki di Keuskupan Aliwal. Studi ini menunjukkan bagaimana rencana pastoral “Masyarakat Melayani Kemanusiaan” diwujudkan dalam praktek. Bab kelima (Hal. 177-239) memindahkan fokus ke Asia dan berurusan dengan kontekstualisasi Pendekatan Pastoral Lumko di sana dengan judul Asian Integral Pastoral Approach (AsIPA). Penulis menyelidiki dan menganalisis proses kontekstualisasi sejak awal Juli 1990 pada Sidang Pleno Keenam Konferensi Waligereja Asia di Bandung (Indonesia) sampai dengan Sidang Umum AsIPA Ketiga pada tahun 2003.

Bab 6 (hal. 241-270) memberikan gambaran tentang proses AsIPA yang sedang berlangsung di berbagai negara Asia (Bangladesh, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Taiwan dan Thailand). Penulis menyimpulkan bahwa proses AsIPA di negara-negara Asia agak heterogen, karena situasi pastoral dan konteks sosial budaya di masing-masing negara cukup beragam. KBG hanya dibentuk di beberapa bagian di Filipina, sementara di negara-negara lain sebagian besar tidak diketahui sebelum kedatangan proses AsIPA pada 1990-an. Di negara-negara seperti Sri Lanka dan Korea model AsIPA diterima dan dipromosikan oleh Konferensi Waligereja. Di sebagian besar negara lain model ini dipromosikan hanya oleh keuskupan tertentu. AsIPA menghadapi kesulitan ketika para imam takut kehilangan kekuasaan melalui pengenalan struktur paroki yang terdesentralisasi. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan AsIPA bekerja paling baik ketika tim AsIPA regional dan keuskupan membangun jaringan pendukung (support network).

Dalam bab 7 (pp. 271-305) penulis menyajikan studi kasus kedua, kali ini di Singapura, di mana kehidupan ditentukan sebagian besar oleh faktor ekonomi. Singapura dikondisikan oleh masyarakat yang sangat urban, sekuler, individualistis, kompetitif, dan pluralistik. Ini terdiri dari banyak komunitas etnis, agama, dan denominasi. Dalam konteks ini, Singapore Pastoral Institute mempromosikan tim AsIPA, yang ditugaskan pada 2004 untuk memandu “Promosi Dewan Pastoral Paroki” di keuskupan agung. Singapore Pastoral Institute bertanggung jawab untuk mendirikan, mengkonsolidasikan, dan menemani sekitar 150 komunitas lingkungan Kristen perkotaan.

Bab 8 (hal. 307-331) adalah rangkuman dari penelitian ini. Studi ini menyoroti proses pembaruan pastoral di Gereja-Gereja Lokal Afrika dan Asia. Proses ini penting tidak hanya bagi gereja-gereja ini tetapi juga bagi gereja-gereja Barat yang lebih tua yang berjuang untuk membangun komunitas iman yang kredibel di masyarakat yang semakin urban, sekuler dan pluralistik. Bahkan jika lingkungan yang disebut Komunitas Kristen atau KBG tidak pernah menarik dan mengintegrasikan semua orang Kristen dari suatu negara atau keuskupan, mereka tetap merupakan model gereja yang baru dan valid yang memungkinkan orang percaya untuk menjalankan iman Kristen dalam komunitas yang kredibel yang menghubungkan mereka dalam konteks kehidupan sendiri dengan Firman Tuhan yang hidup sebagai bagian terpadu dari Gereja. Struktur paroki berabad-abad yang lama tidak cukup untuk menularkan nyala hidup dari iman Kristen, dan hanya orang Kristen yang dikuasai oleh api ini dapat meneruskan pengalaman ini. Gereja akan selalu membutuhkan komunitas Kristen yang hidup sebagai tempat untuk memupuk pengalaman semacam itu.

Pembangunan paroki-paroki sebelumnya yang independen menjadi unit-unit penggembalaan yang lebih besar tidak cukup untuk membangun evangelisasi komunitas-komunitas Kristen dengan misi kenabian di dunia plural dan sekuler hari ini dan esok. Penyebaran cepat unit-unit pastoral seperti itu dapat dibenarkan dan berarti hanya jika mereka memastikan administrasi sakramen yang efektif (terutama Ekaristi) dan juga mempromosikan komunitas gerejawi yang memiliki nilai teologis dan martabat mereka sendiri. Dalam Komunitas Basis Gerejawi (KBG), gereja adalah tempat yang tepat untuk menjalani iman Kristen dalam persekutuan persaudaraan (koinonia), dalam kesaksian bersama dengan kata dan perbuatan kepada anggotanya sendiri maupun kepada seluruh masyarakat  (martyria), dalam karya-karya konkrit dan proyek-proyek solidaritas dengan mereka yang membutuhkan (diakonia), dan dalam komunitas-komunitas yang merayakan dan memelihara iman mereka dalam perayaan Pemberian diri dan Karya keselamatan Tuhan (leitourgia). Hanya Komunitas-Komunitas Iman Kristiani semacam itu yang dapat memenuhi perintah Tuhan untuk memberitakan Kabar Baik kepada semua Ciptaan.

Karya Klaus Vellguth menggambarkan proses pembaruan Gereja yang sedang berlangsung di berbagai belahan dunia dengan sangat jelas. Ini juga menghubungkan proses pembaruan ini dengan kerinduan gereja-gereja Barat untuk solusi yang kredibel untuk kebutuhan mereka sendiri untuk oikodomé, pembangunan Gereja di tempat dan waktu kita sendiri.*

Diterjemahkan oleh Cosmas Eko/BerkatNews.com

Text given form the author for the SEDOS Bulletin publication. December 2014.

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.