Home Headlines Inspirasi Minggu Palma, RD Yustin Ajak Umat Maknai Daun Palem Sebagai Pengingat

Inspirasi Minggu Palma, RD Yustin Ajak Umat Maknai Daun Palem Sebagai Pengingat

by Alfons Liwun

Pangkalpinang,— Berkatnews.com —- Seminggu sebelum paskah, umat Katolik seluruh dunia merayakan minggu palma atau yang biasa disebut minggu sengsara. Dalam perayaan ini umat kembali mengenangkan peristiwa Yesus masuk ke kota Yerusalem dan di elu-elukan khalayak dengan daun palem.

Minggu palma juga merupakan pembukaan pekan suci karena merupakan awal yang istimewa, karena momen saat Yesus memasuki kota suci sebelum menghadapi peristiwa sengsara di kayu salib dan berakhir dengan kebangkitan mulia.

Demikian juga dengan yang terjadi di Gereja Katedral Paroki Santo Yosef pada minggu sore, 10 April 2022. โ€œYerusalem, lihat Rajamu!โ€ begitulah kawanan umat bernyanyi dengan masing-masing daun palem di tangan, seraya melambaikannya.

RD. Yustinianus Taโ€™Laleng yang memimpin perayaan ekaristi mengajak umat untuk mengenang peristiwa Yesus masuk sebagai raja agung, sebagai awal untuk memaknai perayaan suci paskah.

โ€œKita awali pekan suci dengan mendengarkan narasi tentang sengsara Yesus Kristus, kita mendengarkan Yesus masuk ke kota Yerusalem untuk terakhir kalinya sebelum disalibkan. Hari ini, kita semua diundang Yesus untuk memasuki pekan suci dan daun palem yang kita bawa merupakan pengingat bahwa kita orang berdosa,โ€ ungkap Romo Kepala Paroki Katedral, Minggu (10/04/22).

Suasana Pemberkatan Daun Palma dalam Misa Minggu Palma, Minggu Sore 10/4/2022 di Gereja Katedral Pangkalpinang (foto: novitayuliasari)

Dalam homilinya, Romo Yustin juga menegaskan tentang kerajaan Yesus yang jelas berbeda dengan kerajaan dunia. Pada perjamuan terakhir, Yesus menetapkan ekaristi sebagai sebuah persekutuan anak-anak Allah yang makan bersama tanpa membedakan status sosial dan ekonomi.

โ€œKerajaan dunia senantiasa diwarnai dengan kekejaman dan kecurangan untuk sebuah kepentingan, namun Yesus menunjukkan sebaliknya. Yang terbesar diantara kamu hendaklah yang melayani, dan mari bersama menawarkan pengampunan seperti Yesus,โ€ tuturnya lagi. (***)

Reporter : Novita Yuliasari

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.