Home INKLUSIF Kongregasi FCJM: Tugas Suster-Suster Kerasulan Pertama Kepada Thaiji-Thaiji

Kongregasi FCJM: Tugas Suster-Suster Kerasulan Pertama Kepada Thaiji-Thaiji

by Alfons Liwun

Sore itu (7/8) di KBG St. Paulus Rasul – Lembawai, tepatnya di kediaman lama Pak Yosef, diadakan perayaan Ekaristi dan sekaligus pemberkatan rumah yang akan menjadi biara, tempat tinggal bagi para Suster Kongregasi FCJM, yang berkarya di Keuskupan Pangkalpinang, khususnya di wilayah Paroki Katedral St. Yosef.

Inilah para suster FCJM yang menetap di Pangkalpinang (foto: hendri)

Walau sebelum memulai perayaan Ekaristi sempat sedikit hujan, namun semangat umat KBG dan tamu undangan, tidak surut untuk hadir dan bersyukur atas kehadiran para Suster ini. Para Romo yang berkarya di Yayasan Tunas Karya, Paroki, maupun Keuskupan juga hadir, untuk mendukung para suster FCJM.

Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Romo Anton Moa, Vikjend Keuskupan Pangkalpinang. Dalam khotbah, Romo Anton mengaitkan bacaan Injil tentang lima roti dan dua ikan dengan pesan untuk kita: para murid mengandalkan apa yang ada pada mereka, tetapi mereka lupa bahwa syukur kepada Allah adalah hal yang penting.

Umat dan undangan yang hadir (foto:hendri)

Para suster mengajak kita bersyukur atas ambil bagian dalam pelayanan dari gereja partikular, gereja Keuskupan Pangkalpinang ini. Dan atas syukur itu mereka juga menyadarkan bahwa berkat Allah menjadi yang amat penting. Sehingga dengan demikian, mereka dan kita bersama akan melakukan tugas perutusan kita, dalam rasa syukur kita, yang dalam berkat Tuhan adalah sumber hidup kita. Allah harus menjadi kekuatan kita, harus menjadi yang utama. “Tugas suster-suster, Kerasulan Pertama Kepada thaiji-thaiji. Membuat mereka sekolah dari pagi sampai dengan malam. Sekolahnya itu ialah main kartu. Taruhannya itu adalah apa? Yang kalah suruh berdoa sepuluh salam Maria”, canda Romo Anton dalam khotbahnya.

Para suster menerima berkat perutusan (foto: hendri)

Dalam kesempatan ini juga, Sr. Lidia, FCJM, mewakili povinsial memperkenalkan diri kepada umat, sekaligus wakil provinsial mengatakan: sebagai Fransiskan Putri  Hati Kudus Yesus dan Maria, mereka mau menjadi saksi dari hati kudus itu lewat karya mereka, terkhusus bagi yang akan dilayani di Keuskupan Pangkalpinang. Selain memberkati rumah komunitas yang baru, tiga suster yang akan tinggal dan berkarya disini juga diberkati dan diberikan berkat perutusan. **

 

Peliput                    : Risen-Vincent Gunawan

Photo                       : Hendri

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.