Home Asian ChurchAsian News KKIT Mendukung Kesuksesan Sinode Para Uskup Sedunia dengan Berziarah ke Lima Gua Maria

KKIT Mendukung Kesuksesan Sinode Para Uskup Sedunia dengan Berziarah ke Lima Gua Maria

by Alfons Liwun

BerkatNews.Papin – Pangkalpinang – Pagi yang cerah menyambut semua harapan yang t’lah bersemayam di benak dalam niat kebaikan. Hari yang indah untuk menjalin kebersamaan dan kekeluargaan KKIT Pangkalpinang untuk bersama berziarah dan berdoa dari Gua Maria yang satu ke Gua Maria yang lainnya. Niat yang sudah direncanakan sebulan sebelumnya dengan berbagai terpaan badai dan rintangan tak menyurutkan semangat para anggota.

Walau terkoordinasi hanya melalui media komunikasi online berupa Wag namun kegiatan ini dipersembahkan dengan sepenuh hati pada penyelenggaraan ilahi dengan meminta restu berkat Allah mulai dari kondisi para anggota yang sehat, transportasi yang memadai dan lancar hingga cuaca yang mendukung niat-niat doa.

Rombongan KKIT di depan Gua Maria Ratu Para Imam Keuskupan (foto:nova)

Satu dari sejumlah intensi yang didoakan sepanjang ziarah di gua-gua Maria seperti yaang disebutkan dibawa ini   adalah “intensi persiapan sinode tingkat keuskupan pangkalpinang untuk sinode para uskup sedunia yang telah dibuka Bapa Uskup, Mgr. Adrianus Sunarko ofm pada tanggal 17 Oktober tanhun ini  di Gereja Katedral  St. Yosep Pangkalpinang dan kepada seluruh umat keuskupan saat pembukaan sinode itu telah diperdengarkan surat gembala Bapa Uskup Keuskupan Pangkalpinang. Surat Gembala Sinode Bapa uskup telah diperdengarkan di semua Paroki dan Stasi pada saat yang bersamaan.

Itulah tanda dukungan KKIT sebagai salah satu kelompok kategorial keuskupan bagi kesuksesan penyelenggaran sidone para Uskup yang akan berlangsung di Roma, bulan Okteber 2023.

KKIT Berjalan Bersama ke beberapa Gua Maria

Pertama, Gua Maria Ratu Para Imam di Keuskupan Pangkalpinang. Di Gua Maria ini mendoakan Rosario Peristiwa Gembira yang dipimpin oleh sdri Teresa Awie dan didukung dengan doa tiap butir Salam Maria oleh anggota ziarah.

Kedua, Gua Maria di Stasi Mesu Laut. Di Gua Maria Mesu, tim KKIT melanjutkan perjalanan ziarah dengan Rosario Peristiwa Terang yang dipimpin oleh sdri NED Susilawati dan didukung dengan doa butiran Salam Maria oleh anggota KKIT.

Ketiga,  Gua Maria Fatima di Pangkul. Pada kesempatan ini tim mendaraskan Rosario Peristiwa Sedih yang dipimpin sdri Natalia dan didukung dengan doa butiran Rosario oleh anggota.

Rombangan KKIT di depan Gua Maria Ratu Segala Bangsa Cambay (foto:nova)

Keempat, Gua Maria Ratu segala Bangsa di Cambay yang menjadi Gua Maria terakhir bagi tim mendoakan rangkaian Rosario Peristiwa Mulia, dipimpin oleh bapak Kristo dan didukung butiran Salam Maria oleh anggota.

Di Gua Maria ini pula tim beristirahat menyatukan rasa lelah dan rasa lapar dengan makan siang bersama, sekaligus mau menimbah kekuatan serta tenaga baru dari berbagai santapan yang dipersiapkan anggota, sesuai dengan apa yang direncanakan.

Rombongan KKIT di depan Gua Maria Kanaan Batu Rusa (foto:nova)

Kunjungan masih berlanjut ke Gua Maria Kanaan di Baturusa, Gua Maria kelima. Pada kesempatan ini tim KKIT dikenalkan dan diajak untuk  mendaraskan Rosario  Tujuh Duka Maria yang dipimpin oleh sdri Nova dan dukungan butiran Salam Maria oleh anggota serta ditutup dengan berkat dari pembina rohani KKIT Wilayah Pangkalpinang yaitu RD. Zakarias Lusi Ujan. Puji Tuhan semua rencana terlaksana dengan lancar, karena iman akan penyelenggaraan kuasa ilahi. ***

Peliput: Sdri Nova

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.