Home BERITA Mgr Adrianus OFM Terima Audensi Romo Paschal dan Tim Komisi KKPPMP dari Batam

Mgr Adrianus OFM Terima Audensi Romo Paschal dan Tim Komisi KKPPMP dari Batam

by Stefan Kelen

Pangkalpinang-BERKATPAPIN, Senin, 28 Maret 2022,Β  Mgr Adrianus Sunarko OFM menerima kunjungan dari Tim Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau Kevikepan Utara Keuskupan Pangkalpinang.

Dalam kunjungan tersebut, Uskup Keuskupan Pangkalpinang ini, menerima laporan terkait kegiatan Komisi KKPPMP yang baru saja dilaksanakan pada bulan Maret 2022 lalu.

Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus alias Romo Paschal selaku ketua komisi menyampaikan bahwa pertemuan kali ini adalah tindak lanjut dari pertemuan kami sebelumnya beberapa minggu lalu di Batam.

Menurut Romo Pascal, pada tanggal 4 hingga 6 Maret lalu di pulau Batam telah dilaksanakan pertemuan assesment terkait rencana pendirian Balai Latihan Kerja dan Paroki Ramah Migran.

Bapak Uskup dan Romo Paschal

Kata Romo Pascal lagi, pertemuan itu diinisiasi oleh Charitas Indonesia, KKPPMP, PSE dan SGPP KWI yang dihadiri juga oleh Charitas-PSE Keuskupan Agung Medan.

“Bahwa Charitas Indonesia dalam pengamatannya selama ini melihat Keuskupan Pangkalpinang (KKPPMP) telah bergerak lebih maju dalam pastoral bagi para pekerjaΒ  secara khusus mereka yang menjadi korban perdagangan orang,” tutur Romo yang pandai berpuisi ini.

Menurut Romo Pascal lagi, kehadiran gereja Keuskupan Pangkalpinang melalui komisi KKPPMP telah memberi pengaruh banyak tidak hanya bagi daerah pelayanan keuskupan Pangkalpinang di Batam, tetapi juga dalam skala nasional bahkan antar keuskupan yang ada di Indonesia.

“Atas dasar itulah Charitas Indonesia, KKPPMP, PSE dan SGPP KWI berkeinginan memperkuat apa yang selama ini sudah dibuat Keuskupan dengan merencanakan adanya kerjasama dalam mendirikan sebuah balai latihan kerja dan sebuah paroki dengan konsep ramah migran,” ujar Romo Paschal lagi.

Dalam tuturan lebih lanjut, Romo Pascal mengutarakan bahwa Bapa Uskup sangat mendukung rencana baik ini dan sangat mengapresiasi kerja Komisi dan para relawan yang selama ini sudah bekerja membantu keuskupan. “Untuk selanjutnya bapa uskup menugaskan Komisi KKPPMP melanjutkan rencana baik ini pelayanan Gereja yang lebih baik,” imbuh Romo yang kerap menjadi narasumber di media-media nasional ini.

Hadir dalam pertemuan ini romo Chrisanctus Paschalis Saturnus, Romo Alexander Dato SSCC, romo Andreas Lemoro (Ketua PSE (Keuskupan Pangkalpinang), pak Agung, Ibu Oni, pak Felix dan Saudari Rut yang merupakanΒ  perwakilan dari TIM KKPPMP. (***)

Liputan : Romo Pasch

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.