Home BERITA Romo Vitus Rubianto Terpilih Sebagai Uskup Padang.

Romo Vitus Rubianto Terpilih Sebagai Uskup Padang.

by Stefan Kelen

Jakarta, BerkatPapin—Paus Fransiskus telah menetapkan Romo Vitus Rubianto Solichin, S.X sebagai Uskup Keuskupan Padang. Romo Vitus, begitu beliau biasa disapa, lahir di Semarang pada 15 November 1968, dan sekarang adalah dosen Kitab Suci di Sekolah Tinggi FIlsafat Driyarkara, Jakarta.

Romo Vitus menyelesaikan Pendidikan seminari di Seminari Menengah St. Petrus Canisius di Mertoyudan (Semarang) dan kemudian masuk Serikat St. Fransiskus Xaverius. Ia melanjutkan studi filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (Jakarta) dan studi teologi di Fakultas Teologi Kepausan Wedabhakti (Yogyakarta).

Setelah ditahbiskan sebagai imam, ia menjalankan studi dan tugas mengajar sebagai berikut: Lisensiat Kitab Suci di Institut Biblicum di Roma (1997-2001); mengajar Kitab Suci di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan Seminari Tinggi Bandung (2001-2007); Gelar Doktor diperolahnya di Universitas di Universitas Kepausan Gregorian, Roma (2007-2012).

Sejak tahun 2013 menjadi pengajar dan Wakil Ketua Bidang Akademik di STF Driyarkara Jakarta, Anggota Tim Formator Xaverian dan Dewan Provinsi Xaverian Indonesia; dari tahun 2015 sampai sekarang aktif mengajar Kitab Suci di STF Driyarkara, Lembaga Biblika Indonesia, serta aktif mengisi kolom renungan Kitab Suci pada Mingguan HIDUP. Proficiat Mgr. Vitus

Penulis : Pstr Dr. Andre Atawolo, OFM (Dosen Teologi STF Drijakara)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.