Home BERITA Seorang Putera Paroki St Bernadet Pangkalpinang, Ditahbiskan Menjadi Imam SJ

Seorang Putera Paroki St Bernadet Pangkalpinang, Ditahbiskan Menjadi Imam SJ

by Stefan Kelen

Yogjakarta, BERKATPAPIN— Ada berita gembira untuk umat Keuskupan Pangkalpinang, terkhusus umat di Paroki Santa Bernadet Pangkalpinang. Pasalnya, pada hari Kamis,19 Agustus 2021), di antara 8 orang imam baru Serikat Jesus (SJ) yang ditahbisakan Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, ternyata berasal dari paroki St Bernadeth.

Putera Paroki Santa Bernadeth itu bersama ketujuh temannya ditahbiskan oleh Uskup Agung Semarang di Gereja St. Antonius Kota Baru, Yogjakarta.

Romo baru ini bernama Evodius Sapto Jati Nugroho,S.J. Ayah dari Imam kelahiran 6 Mei 1990 ini ternyata ketua Dewan Pastoral yang mempersiapkan St Bernadeth menjadi paroki. Dan tidak hanya itu. Romo yang akrab disapa dengan nama Sapto ini pun adalah keponakan dari Romo Vikjen Keuskupan Pangkalpinang saat ini, Romo Nugroho Krisusanto SS.CC.

Ketika kecil, Romo Sapto pernah mengenyam pendidikan di TK Bernadeth dan SD Katolik Tanjung Pinang. Lalu pindah  ke Pangkalpinang dan bersekolah di SD Theresia I. Lantas, melanjutkan ke SMP Theresia.

Bapak Pascalis Sugita dan Ibu Endang, orang tua dari Romo Sapto juga tidak asing bagi umat di Keuskupan Pangkalpinang khususnya umat di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Pasalnya pasutri ini menjadi coordinator Couple For Christ (CFC) Pangkalpinang.

Dalam kesempatan wawancara, putra bungsu dari tujuh bersaudara ini mengungkapkan bahwa ia tertarik menjadi imam, karena melihat sosok paman yang ditahbiskan menjadi Imam. Ketika itu, beliau duduk dikelas 4 SD.

“Saat itu semua orang menyambut peristiwa itu begitu suka cita, sehingga berani mengatakan pada diri sendiri suatu saat akan menjadi seorang Imam dan dirayakan dengan meriah seperti itu,” ungkap Romo Sapto SJ lewat selular.

“Saya ingin berterima kasih untuk keluarga, sahabat, orang-orang yang sudah mendukung dalam proses formasi menjadi Imam. Dari merekalah, Saya dibimbing untuk masuk dalam percakapan  rohani yang menumbuhkan iman dan panggilan,” pungkas Romo Sapto SJ.

Selamat melayani Gereja bagi Romo Sapto, doa semua umat senantiasa menyertai. (sumber : YTKNEWS.ID)

Reporter : Novi Yovitasari

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.