Home BERITA Uskup Pangkalpinang Dorong Pemuda Katolik Hadir di Tengah Masyarakat

Uskup Pangkalpinang Dorong Pemuda Katolik Hadir di Tengah Masyarakat

by Stefanus Lopis

Kita senang pemuda katolik aktif di gereja, tapi yang jauh lebih penting hadir di tengah masyarakat.

Pangkalpinang, Berkatnews.com– USKUP Keuskupan Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko, OFM berkesempatan hadir dalam acara pelantikan pengurus Pemuda Katolik (PK) Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ballroom Soll Marina Hotel Pangkalpinang, Rabu (28/8) malam.

Dalam sambutannya Profesor Teologi pada Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta ini mendorong pemuda katolik di Provinsi Bangka Belitung untuk sungguh-sungguh hadir di tengah masyarakat.

“Untuk ormas katolik terutama Pemuda Katolik, gereja sangat mendorong, sangat mengharapkan kehadiran saudara-saudari di tengah masyarakat dalam upaya membangun bangsa. Tentu kita senang pemuda katolik aktif di gereja, tapi yang jauh lebih penting hadir di tengah masyarakat. Memang kita tidak banyak, tapi semoga berkontribusi berharga bagi Indonesia,” kata Bapa Uskup Adrianus Sunarko.

Lebih lanjut Bapa Uskup mengajak para pengurus dan kader Pemuda Katolik untuk mensyukuri sejarah dimana ada peran nyata tokoh-tokoh katolik dalam perjuangan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan.

“Kita punya pahlawan-pahlawan katolik. Peran katolik juga tidak main-main, bahkan Vatikan merupakan negara keempat yg mengakui kemerdekaan Indonesia kala itu,” ujar Bapa Uskup.

Bapa Uskup Adrianus Sunarko, OFM memberkati para pengurus pemuda katolik Komda Babel periode 2024-2027 usai dilantik Ketua Umum.

Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma, menyanjung Bapa Uskup Adrianus Sunarko OFM yang masih menyempatkan hadir di tengah padatnya kesibukan sebagai Uskup.

“Pelantikan kalau dihadiri uskup itu sesuatu yang luar biasa. Apalagi kawan-kawan pengurus Komda Babel yang dilantik ini diberkati langsung uskup,” kata Gusma.

Foto bersama Bapa Uskup usai pelantikan.

Sekedar diketahui, momentum seremonial pelantikan ini resmi mengesahkan struktur kepengurusan baru Pemuda Katolik Komda Bangka Belitung periode 2024 – 2027 yang diketuai Apt. Bernadus Reco, S. Farm, Sekretaris Hendri S. Kom,  Bendahara Agnestasia dan sejumlah pengurus lainnya. (SHL)

Related Articles

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.